Sinergi TNI-Polri di HUT Ke-76 Bhayangkara, Terjun Payung Kibarkan Bendera

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:00 WIB
loading...
Sinergi TNI-Polri di HUT Ke-76 Bhayangkara, Terjun Payung Kibarkan Bendera
Sebanyak 41 penerjun gabungan Brimob, Kopassus, Denjaka, dan Kopasgat melakkan penerjunan di HUT ke-76 Bhayangkara. Foto/tangkapan layar yutube setpres
A A A
JAKARTA - Puncak perayaan HUT ke-76 Bhayangkara digelar di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang, Jawa Tengah. Acara juga dimeriahkan dengan aksi terjun payung oleh 41 penerjun, gabungan anggota TNI-Polri . Tim penerjun dipimpin Wakil Komandan Pasukan Pelopor Korps Brimob Kombes Almas Kolopaking.

Ke-41 penerjun tersebut berasal dari Brimob Polri, Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, serta Kopasgat TNI AU. Rombongan penerjun berangkat dari Lanumad Ahmad Yani, Semarang, diangkut dengan Pesawat CN 295 milik TNI AU.

Pesawat dipiloti Kapten Penerbang Jati dan Co-pilot adalah Lettu Penerbang Jones dan Letda Penerbang Andre. "Ini adalah bentuk sinergitas antara kedua instansi yang tidak hanya di darat tapi juga di udara," kata moderator acara, seperti dikutip dari kanal Youtube Kantor Sekretariat Presiden.

Sinergi TNI-Polri di HUT Ke-76 Bhayangkara, Terjun Payung Kibarkan Bendera


Dari rekaman video, para penerjun bergantian keluar dari pesawat yang terbang di ketinggian 10 ribu kaki. Terlihat tiga orang lebih dahulu keluar, dua di antaranya berseragam Polri. Setelah itu personel lainnya mengikuti.

Mereka membentuk beberapa formasi sembari membentangkan lambang Polri serta HUT ke-76 Bhayangkara di udara. Kemudian giliran Almas Kolopaking keluar dari pesawat. Ia melompat bersama seorang regu penerbang lainnya.

Mengenakan seragam Polri, Almas turut mengibarkan sebuah bendera berwarna hitam. Di bendera itu tertera logo dengan nomor 92 dengan bingkai perisai.

Tertulis juga Dirgahayu dan 30 tahun mengabdi. Kebetulan momen HUT Bhayangkara tahun ini bertepatan dengan pengabdian 30 tahun AKABRI 92 dan Almas merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1992.



Seluruh penerjun berhasiil mendarat dengan sempurna di Lapangan Bhayangkara. Almas mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam HUT ke-76 Bhayangkara. "Menjadi kebanggaan tersendiri dapat berpartisipasi dalam HUT Ke-76 Bhayangkara," katanya.

Selain 41 penerjun, juga ada parade helikopter milik Polri yang membentuk formasi diamond. Formasi diamond ini mempunyai makna kekuatan kesetiaan dan keseimbangan. Setelah itu diisi oleh tarian nusantara yang mewakili seluruh daerah di Indonesia yang diikuti oleh ribuan penari.

Dalam acara ini, Jokowi juga memotong tumpeng yang ditempat di mobil yang dihiasi seperti kapal seperti semangat pasukan Bhayangkara di era Patih Gajah Mada. Tumpeng tersebut dipotong oleh Presiden Joko Widodo dan diserahkan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)