Terbongkar! Ini 9 Senjata Andalan Kopassus di Medan Operasi, Nomor 7 Bisa Tembus Baja

Minggu, 03 Juli 2022 - 05:39 WIB
loading...
A A A
Senjata ini memiliki berat sekitar 10,35 Kg dengan jarak tembak efektif sejauh 550 meter. Keunggulan dari senjata ini salah satunya bisa dipasang di atas kendaraan tempur.

3. MP-2 atau Uzi

Terbongkar! Ini 9 Senjata Andalan Kopassus di Medan Operasi, Nomor 7 Bisa Tembus Baja


Senjata jenis MP-2 atau IMI Uzi merupakan Senjata Mesin Ringan (SMR) yang menyerupai pistol. Senjata yang dirancang Mayor Uziel Gal pada akhir 1940-an ini digunakan pertama kali oleh pasukan khusus IDF Israel.

Senjata ini mampu menembakkan 60 butir peluru per menit, bahkan bila dilakukan beruntun bisa mencapai 100 hingga 120 peluru menit. Karena keakuratannya dalam pertempuran jarak pendek, senjata ini pernah digunakan Kopassus dalam Operasi Woyla, misi pembebasan sandera penumpang pesawat Garuda DC-9 di Bandara Don Mueang, Thailand, pada 1981. Dalam operasi tersebut Kopassus berhasil membebaskan sandera dan menembak mati 4 penyandera.

4. MP-5

Terbongkar! Ini 9 Senjata Andalan Kopassus di Medan Operasi, Nomor 7 Bisa Tembus Baja


Senjata Laras Pendek HK MP5 juga menjadi salah satu senjata andalan Hantu Rimba Kopassus. Senjata buatan Heckler & Koch (HK) Jerman ini memiliki spesifikasi berat 2,6 Kg, panjang 680 mm dan kaliber 9x19 mm.

Senjata berstandar internasional ini banyak dipakai pasukan khusus angkatan bersenjata dari berbagai negara karena memiliki akurasi dan keandalan tinggi di samping perawatannya yang mudah. Senapan mesin yang berbentuk seperti pistol ini didesain untuk kepentingan pasukan khusus dengan kemampuan menembak 800 peluru per menit.

Penulis sendiri pernah menjajal senjata MP5 di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur. Bobot senjata ini cukup ringan dan memiliki akurasi yang tinggi. Senjata ini juga bisa dipasangi alat peredam suara. Keunggulan lainnya, hentakan senjata MP5 saat menembak tidak terlalu kencang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)