Prabowo Ungkap Cara Pandang Negara Maju atas Pentingnya Pertahanan

Sabtu, 02 Juli 2022 - 21:59 WIB
loading...
Prabowo Ungkap Cara Pandang Negara Maju atas Pentingnya Pertahanan
Menhan Prabowo Subianto saat menjadi narasumber dalam Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno (ERPPP) ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Nusa Dua, Bali, Sabtu (2/7/2022). FOTO/MNC MEDIA
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan cara pandang negara maju tentang pentingnya pertahanan sebuah bangsa. Bahkan, ada pula negara yang menjadikan pertahanan sebagai hal yang paling utama.

Hal itu dia singggung saat menjadi narasumber dalam Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno (ERPPP) ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Nusa Dua, Bali, Sabtu (2/7/2022).

Dia mencontohkan, negara sekelas Amerika Serikat saja 50% anggaran pertahanannya bersumber dari APBN. Bahkan, kerap kali anggarannya bisa di atas 50%. "Kenapa? Karena mereka menilai mereka tidak mau didikte oleh bangsa lain," kata Prabowo yang dikenal sebagai tokoh yang selalu memperjuangkan Indonesia yang adil dan makmur.



Tak hanya Amerika Serikat, Singapura sebagai salah satu negara tetangga Indonesia, berani untuk menempatkan sekitar 30% dari APBN untuk kepentingan peetahanan. Tak sampai di situ, kata dia, 3% atas produk domestik bruto atau Gross Domestic Product (GDP) itu juga difokuskan untuk anggaran pertahanan.

"Artinya apa? Singapura, satu pulau yang besarnya kalau tidak salah 60.000 hektare, Kabupaten Bogor itu lebih besar dari Singapura. Jumlah penduduknya Singapura 5 juta orang. Tapi dia menilai kemerdekaan dia, kedaulatan dia, sangat-sangat penting," ujarnya.

"Dia tidak mau dijajah, dia tidak mau didikte negara lain. Karena itu, dia bersedia mengorbankan anggaran dia 30% untuk pertahanan," tutur dia melanjutkan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)