Mutasi TNI, Lulusan Terbaik Akmil 1991 Tembus Bintang 3

Sabtu, 02 Juli 2022 - 17:07 WIB
loading...
Mutasi TNI, Lulusan Terbaik Akmil 1991 Tembus Bintang 3
Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso akan menjabat sebagai Sesmenko Polhukam menggantikan Letjen TNI Mulyo Aji. FOTO/PUSSENIF TNI
A A A
JAKARTA - Bintang emas di pundak Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso bakal bertambah satu. Seiring mutasi teranyar, peraih penghargaan Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akademi Militer 1991 tersebut dipromosikan untuk pos letnan jenderal (letjen).

Promosi Teguh Pujo tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 6Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Berdasarkan surat yang diteken Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa itu Pudjo akan menempati jabatan Sekretaris Kementerian Politik Hukum dan Keamanan atau Sesmenko Polhukam.

"Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, jabatan lama Pangdam VI/Mulawarman, jabatan baru Sesmenko Polhukam. Sertijab menunggu Keppres," bunyi Salinan SK mutasi tersebut, dikutip Sabtu (2/7/2022).

Baca juga: Gantikan Mulyo Aji, Mayjen Teguh Pudjo Rumekso Jabat Sesmenko Polhukam

Teguh akan menggantikan seniornya, Letjen TNI Mulyo Aji, yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI dalam rangka pensiun. Mulyo Aji merupakan lulusan Akmil 1987 atau rekan satu angkatan Andika Perkasa.

Mulyo sesungguhnya juga belum lama menempati jabatan Sesmenko Polhukam. Tentara yang pernah menjabat Irdam III/Siliwangi itu dilantik sebagai Sesmenko Polhukam pada 12 Januari 2022. Sebelumnya dia dipercaya sebagai Pangdam Jaya.

Penunjukan Teguh Pujo sebagai Sesmenko Polhukam akan menjadi promosi bintang tiga baginya. Prajurit yang mengawali karier sebagai perwira pertama Pussenif itu menyusul rekan angkatannya yang lebih dulu menembus letjen. Sosok tersebut yakni Letjen TNI Agus Subiyanto yang kini menjabat Wakil KSAD.

Dalam rekam jejaknya, berbagai jabatan pernah diemban Teguh. Semasa perwira menengah, memimpin level teritorial yang pernah dijalaninya yakni sebagai Dandim 0904/Tanah Grogot. Setelah itu dia dimutasi ke Tanah Abang II Jakarta sebagai Wadan Grup B Paspampres.

Baca juga: Mutasi Pati TNI, Marsma Wahyu Hidayat Sudjatmiko Jabat Danpaspampres

Beranjak kolonel, dia dipercaya menjadi Asisten Operasi Kasdam VI/Mulawarman (2011). Setelah itu dia digeser ke Istana dengan menjabat Pejabat Utama Biro Pengamanan Setmilpres. Teguh lantas digeser lagi sebagai Pamen Denma Mabesad (2015-2016).

Portofolionya semakin beragam ketika dia dikembalikan memimpin teritorial sebagai Danrem 172/Praja Wira Yakthi. Ketika menembus pangkat bintang satu alias brigjen, dia diplot sebagai Wadan Pussenif Kodiklatad pada kurun 2016-2017.

Kariernya makin mencorong dengan dimutasi sebagai Kasdam VI/Mulawarman. Tak lama setelah itu dia menembus pangkat bintang dua ketika diplot sebagai Danpussenif Kodiklatad (2018-2020). Teguh kemudian dipercaya sebagai Danpuspenerbad hingga akhirnya Pangdam VI/Mulawarman (2021-2022).

Dalam perjalanan kariernya yang cemerlang itu, dia juga mencatat prestasi tersendiri. Lulusan Seskoad 2005 tersebut merupakan komandan upacara pengibaran bendera HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada 2014.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2152 seconds (11.252#12.26)