Konferensi Ulama Muslim Asia Tenggara, RI Ajak Pemimpin Dunia Islam Bangun Peradaban

Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:14 WIB
loading...
Konferensi Ulama Muslim Asia Tenggara, RI Ajak Pemimpin Dunia Islam Bangun Peradaban
Liga Muslim Dunia menggelar konferensi Ulama Muslim Asia Tenggara dan Dunia di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Liga Muslim Dunia menggelar konferensi Ulama Muslim Asia Tenggara dan Dunia di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam konferensi tersebut delegasi Indonesia mengajak pemimpin dunia Islam untuk membangun kembali peradaban.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo dalam pidatonya menjelaskan Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, dengan jumlah umat Islam seluruhnya di dunia, yakni sekitar 2 miliar.

“Seharusnya umat Islam menyiapkan diri untuk menghadapi tatanan dunia baru, menciptakan Iptek yang semakin maju, membangkitkan ekonomi keumatan, dan mengembangkan gerakan zakat dan wakaf untuk membangun kembali peradaban Islam di dunia yang pernah berjaya di muka bumi,” jelas Syafruddin Kambo.



Perlu diketahui, Konferensi Ulama Muslim Asia Tenggara dan Dunia di Kuala Lumpur diselenggarakan oleh Kementerian Agama Malaysia bekerja sama dengan Liga Muslim Dunia Konferensi tersebut digelar sejak Kamis 26 Juni 2022.

Hadir dalam konferensi tersebut, Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri bin Yaakob, Menteri Agama Malaysia Datuk Haji Idris bin Haji Ahmad, Sekjen Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad bin Abdul Karim Al Issa, serta ulama, mufti, dan cendekiawan muslim se-Asia Tenggara.



Sedangkan peserta yang hadir berasal dari negara Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapore, Filipina, Thailand, Kamboja, Maldive, Banglades, India, Pakistan, Srilangka, Nepal, China, Jepang, Australia.

Indonesia mengirim delegasinya di antaranya Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo, Habib Jindan bin Novel, Wakil Sekjen DMI sekaligus Pimpinan Pondok Modern Tazakka KH Anizar Masyhadi, KH Ahmad Fahrur Rozi dari MUI dan PBNU, Ketua BKPRMI Said Al-Idrus, serta Direktur Program DMI H Buyung Wijaya dan Muhammad Faros.

Sekjen Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad bin Abdul Karim Al Issa mengapresiasi pemerintah Malaysia atas prakarsanya dalam pelaksanaan Konferensi Ulama Asia Tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)