Upaya Perindo Cegah Polarisasi pada Pemilu 2024

Jum'at, 01 Juli 2022 - 17:02 WIB
loading...
Upaya Perindo Cegah Polarisasi pada Pemilu 2024
Koordinator Juru Bicara Nasional Partai Perindo, Heri Budianto menjadi salah satu narasumber dalam Webinar Partai Perindo dengan tema Menghindari Politik Identitas dan Penyebaran Hoax di Pemilu 2024. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Koordinator Juru Bicara Nasional Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ), Heri Budianto hadir sebagai salah satu narasumber dalam Webinar Partai Perindo dengan tema 'Menghindari Politik Identitas dan Penyebaran Hoax di Pemilu 2024'. Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab dipanggil Herbud itu menyatakan, partai politik (parpol) harus taat pada etika politik.

"Kita tidak bicara hanya menang dan menang, tapi kita juga harus membangun etika politik. Bagaimana etika politik ini dikedepankan untuk membangun kultur politik yang baik," kata Herbud di Webinar Partai Perindo, Jumat (1/7/2022).

"Karena kita adalah bangsa yang berbudaya, kita harus mengedepankan itu," katanya menambahkan.



Herbud melanjutkan, Partai Perindo juga menyampaikan bahwa literasi politik penting untuk diterapkan. Dengan begitu, secara tidak langsung parpol memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Karena kalau kita hanya bicara menang dan menang, bicara kekuasaan, maka kita akan mengabaikan tanggung jawab kita memberikan pendidikan politik," ujarnya.

"Kalau parpol memiliki tanggung jawab untuk membangun literasi politik dengan baik saya yakin nanti narasi politik dan politik identitas itu akan hilang dengan sendirinya," katanya.

Baca juga: Jubir Perindo Kenang Masa Bersama Tjahjo Kumolo: Humble dan Pekerja Keras

Untuk menghindari polarisasi pada Pemilu 2024 juga bisa melalui kampanye damai. Herbud menyatakan, parpol harus sungguh-sungguh menerapkan hal tersebut, bukan sekadar slogan.

Selanjutnya, melalui literasi media. Dengan kecakapan literasi media, Herbud berharap masyarakat akan mampu membedakan mana berita hoaks dan bukan. "Jadi hoaks itu bisa ditangkal dengan kemampuan literasi media yang baik pada masyarakat," ucapnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)