Hebat! Sermatutar Rafi Naufal Afriansyah Raih Adhi Makayasa Akmil 2022

Kamis, 30 Juni 2022 - 19:40 WIB
loading...
Hebat! Sermatutar Rafi Naufal Afriansyah Raih Adhi Makayasa Akmil 2022
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menutup Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana Taruna/Taruni Tingkat IV di Akmil Magelang. Foto/Dispenad
A A A
JAKARTA - Akademi Militer (Akmil) menggelar Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana Taruna/Taruni Tingkat IV. Acara penutupan diselenggarakan di Gedung Moch. Lily Rochli Akademi Militer, Magelang, Kamis (30/6/2022).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara tersebut mengatakan, pada 2022 ini Akmil meluluskan 287 Taruna/Taruni Tingkat IV terdiri dari 269 Taruna dan 18 Taruni bergelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr.Han).

Selanjutnya, taruna dan taruni Akmil ini akan dilantik dan disumpah menjadi Perwira Remaja (Paja) TNI bersama lulusan AAL, AAU dan Akpol oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) di Istana Merdeka Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022.

Baca juga: Mental Baja! 9 Kali Gagal Tes Masuk TNI, Anak Petani Ini Akhirnya Tembus Akmil

Dalam upacara tersebut, Sermatutar Rafi Naufal Afriansyah S. Tr (Han) dengan nomor AK 2018.001 dari Kecabangan Infanteri dinobatkan sebagai peraih Adhi Makayasa Akmil 2022. Sedangkan, medali Anindya Wiratama dan piagam terbaik diraih Sermatutar Virly Luthvita Andini S. Tr (Han), dengan nomor AK 2018.279 sebagai terbaik Taruni dari kecabangan CBA.

Sementara, medali Aditya Pinasti dan piagam terbaik tugas akhir diraih Sermatutar Haswin Akbar Muhammad S. Tr (Han) dengan nomor AK 2018.016.

Baca juga: HUT ke-40 Sat 81 Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan Berikan Pesan Menggugah

Dalam kesempatan itu, Jenderal Dudung mengucapkan selamat kepada para Taruna dan Taruni Akmil yang telah menyelesaikan pendidikan di lembaga pendidikan Akademi Militer. ”Keberhasilan merupakan buah kerja keras dan potensi diri yang telah ditunjukkan selama pendidikan. Namun, janganlah lupa bahwa semua itu tidak terlepas dari doa restu orang tua dan keluarga yang telah mendukung perjuangan maupun pengorbanan selama ini,” ujarnya.

Mantan Pangkostrad ini mengatakan, para Taruna dan Taruni Tingkat IV sedang berada di depan pintu gerbang untuk memasuki kehidupan yang baru sebagai Perwira Remaja TNI AD. Semua hal yang telah dibekalkan selama menjalani pendidikan di Akmil, dapat menjadikan sebagai perwira-perwira yang profesional, andal, memiliki integritas tinggi dan karakter yang kuat dalam menjaga kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Untuk itu, tingkatkan kualitas diri dan daya saing individual masing-masing agar dapat menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks serta hayati dan amalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI agar sukses dalam bertugas dan meniti karier,” katanya.

Mantan Pangdam ini juga berpesan agar para Taruna dan Taruni terus belajar dan berlatih, membentuk diri menjadi perwira yang profesional dan calon Pemimpin TNI AD yang visioner serta mengedepankan idealisme serta logis dalam berpikir dan bertindak. Dengan berpedoman pada hal tersebut, kata Jenderal Dudung, akan dapat berperan menjadi contoh dan teladan bagi anak buah dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

”Kepada para Taruna/Taruni untuk senantiasa menjaga kemanunggalan TNI-rakyat. Masyarakat percaya TNI akan menjaga kehormatan untuk mengawal pemerintahan yang sah dan selalu berkomitmen membantu rakyat. Oleh karena itu, kemanunggalan TNI-rakyat wajib untuk senantiasa dijaga dan ditingkatkan, karena ruhnya TNI adalah rakyat. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu memberikan perlindungan pada kita semua, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada TNI AD, bangsa dan NKRI yang sangat kita cintai bersama,” katanya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1962 seconds (11.252#12.26)