Gerakan Birukan Langit Indonesia, PAN Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:45 WIB
loading...
Gerakan Birukan Langit Indonesia, PAN Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan
Gerakan Birukan Langit Indonesia hadir dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perubahan iklim tak hanya menjadi isu nasional, tapi juga global. Sebuah survei memperlihatkan kecemasan tinggi yang dialami kaum muda tentang perubahan iklim. Mereka mengaku sangat khawatir akan nasib generasi mendatang.

Atas keresahan yang sama, gerakan 'Birukan Langit Indonesia' hadir dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN).

Gerakan ini untuk mewadahi ide, gagasan dan aksi para kawula muda untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya lingkungan hidup dan bangga menggunakan produk lokal (local pride).

Dengan pendekatan yang beragam dan kekinian, diharapkan para generasi muda bisa ikut ambil bagian dan terinspirasi dalam gerakan 'Birukan Langit Indonesia'

"Climate change, global warming, pengelolaan sampah ini sangat penting. Kalau tidak dilakukan dari sekarang, maka para anak muda ini tidak akan menjadi generasi emas di 2045," ungkap Ketua Pelaksana HUT dan Rakernas PAN, Bima Arya di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Berita baiknya kata Bima, mayoritas kalangan muda dari generasi Z (17-26 tahun) dan millennial (27-35 tahun) lebih peduli terhadap isu lingkungan atau pembangunan yang berkelanjutan dari pada pertumbuhan ekonomi.

"Generasi Z dan milenial ini peduli banget. Bahkan, dalam survei tersebut kalau ditanya pilih economy growth atau sustainable development? anak-anak muda lebih memilih pembangunan yang berkelanjutan," jelas Bima.

"Ini penting, ini yang harus ditangkap oleh para politisi supaya mereka mengartikulasikan ini di setiap kebijakan yang diambil," sambung pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bogor ini.

Untuk itu, gerakan 'Birukan Langit Indonesia' memanggil para kawula muda Tanah Air untuk ikut bersama-sama mengampanyekan isu ini dengan beragam kegiatan menarik.

Kegiatan tersebut antara lain, kompetisi video pendek, kompetisi logo dan design merchandise, Birukan Run (5K/10K), kompetisi stand up comedy, pameran produk lokal hingga konser musik yang hasil penjualan tiketnya akan didonasikan untuk program pengelolaan sampah dan konservasi lingkungan.

Kompetisi yang terbuka untuk umum ini mulai dibuka Selasa, 28 Juni 2022. Untuk informasi lengkap mengenai syarat dan ketentuan kompetisi bisa diakses di website birukanlangitindonesia.com atau kanal media sosial @birukanlangit_indonesia.

Tidak ada dampak besar jika tidak dimulai dari langkah-langkah kecil. Ayo, jadi bagian untuk ikut Birukan Langit Indonesia demi bumi tercinta.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3216 seconds (0.1#10.140)