Profil Mayjen Tri Budi Utomo, Perwira Tinggi TNI yang Kawal Jokowi ke Ukraina dan Rusia

Selasa, 28 Juni 2022 - 19:00 WIB
loading...
Profil Mayjen Tri Budi Utomo, Perwira Tinggi TNI yang Kawal Jokowi ke Ukraina dan Rusia
Profil Mayjen Tri Budi Utomo mendadak ramai diperbincangkan pasca menjadi salah satu pengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Ukraina dan Rusia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Profil Mayjen Tri Budi Utomo mendadak ramai diperbincangkan pasca menjadi salah satu pengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Ukraina dan Rusia.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Mayjen Tri Budi Utomo ini?

Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo merupakan seorang Perwira Tinggi di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD). Dalam riwayatnya, pria kelahiran 6 Februari 1971 ini tercatat sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1994 dari kecabangan Infanteri.

Baca juga : Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Diharapkan Berbuah Perdamaian

Dalam sepak terjangnya di dunia militer, Mayjen Tri Budi Utomo pernah menjabat sebagai Komandan Sat Gultor 81, salah satu unit elite di Kopassus. Tak berselang lama, dia mendapat promosi sebagai Asisten Personel Danjen Kopassus.

Namanya semakin dikenal kala menjabat sebagai Komandan Grup A Paspampres. Saat itu, Tri menggantikan Kolonel Inf Mohamad Hasan. Setelahnya, dia didaulat menjadi Komandan Korem 052/Wijayakrama pada 2019-2020.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/666/VIII/2020 tanggal 26 Agustus 2020, Mayjen Tri Budi Utomo resmi menjadi Wadanjen Kopassus. Tak berselang lama, Tri diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) hingga Juni 2022.

Tepat pada Senin, 27 Juni 2022, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerbitkan surat keputusan dengan nomor Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat tersebut berisi pergantian Danpaspampres yang sebelumnya dijabat Mayjen Tri Budi Utomo. Penggantinya adalah Mayjen Wahyu Hidayat Sudjatmiko.

Baca juga : Mutasi TNI, Danyonarhanud 2/ABW Kostrad Berganti

Dalam tugasnya yang baru, Mayjen Tri Budi Utomo akan menjabat Pangdam VI/Mulawarman menggantikan Mayjen Teguh Pujo Rumekso.

Yang terbaru, Tri turut mempersiapkan pengamanan Presiden Joko Widodo yang hendak melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia. Seperti yang diketahui, bahwa kedua negara tersebut sedang mengalami konflik. Sehingga untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka pengamanan kepada Presiden pun diperketat.

Sejatinya, ini bukan kali pertama Mayjen Tri Budi Utomo mengawal Presiden Jokowi. Karena pada 2018 lalu, dia juga melakukan pengawalan saat Joko Widodo berkunjung ke negara Afghanistan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)