Mutasi 180 Pati TNI, Mayjen Richard T.H Tampubolon Diangkat Jadi Irjenad

Selasa, 28 Juni 2022 - 13:51 WIB
loading...
Mutasi 180 Pati TNI, Mayjen Richard T.H Tampubolon Diangkat Jadi Irjenad
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon diangkat menjadi Irjenad. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kembali melakukan mutasi dan promosi di tubuh TNI. Salah satu yang mendapat promosi jabatan adalah Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon.

Jenderal Kopassus ini diangkat sebagai Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad). Dengan jabatan barunya tersebut, pangkat Richard otomatis akan naik satu tingkat menjadi Letnan Jenderal (Letjen).

Pengangkatan itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. “Mayjen TNI Richard T.H Tampubolon, jabatan lama Pangdam XVI/Ptm, jabatan baru sebagai Irjenad,” bunyi keterangan tertulis dikutip SINDOnews, Selasa (28/6/2022).



Jabatan Pangdam XVI/Ptm selanjutnya akan diisi oleh Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi V Bid. Intelijen Teknologi Badan Intelijen Negara (BIN).



Karier militer Richard T. H Tampubolon terbilang moncer. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 ini mengawali karier militernya dari satuan Infanteri Korps Baret Merah. Pria kelahiran Jakarta 24 Mei 1969 ini telah menduduki jabatan strategis di antaranya, Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kaskogabwilhan I). Kasdam VI Mulawarman, Danrem 023/Kawal Samudera, Danrindam VI/Mulawarman.

Richard Tampubolon juga pernah menduduki jabatan penting di satuan elite TNI AD yakni, Pabandya Lid Sintel Makopassus, Danyon 11/Group 1 Kopassus, Wadangroup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus pada 2014, Dangroup 2 Kopassus, Dangroup 3 Kopassus hingga Wakil Danjen Kopassus pada 2017 lalu.

Tidak hanya itu, Richard juga kenyang dengan berbagai penugasan di medan operasi mulai operasi di Timor-Timor hingga operasi penanganan konflik sosial di Ambon, Maluku. Karena pengalamannya di medan operasi itu, Richard dipercaya sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI, sebuah pasukan khusus gabungan yang terdiri dari pasukan elite tiga matra yakni, Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL dan Korpaskhas TNI AU.

Pasukan yang dipimpin Richard mulai melejit namanya saat menyambangi Markas Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis, 19 November 2020 lalu. Tidak hanya itu, Richard juga merupakan sosok dibalik pembentukan Koopsgabsus TNI yang berhasil menewaskan tokoh Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora di pedalaman hutan dan pegunungan Poso, Sigi, dan Parimo, Sulawesi Tengah.

Karena prestasinya tersebut, Richard kemudian diangkat menjadi Pangdam XVI/Ptm sebelum akhirnya dipercaya sebagai Irjenad.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)