Partai Buruh Gandeng ITUC, Kampanye Global Tolak UU Cipta Kerja

Senin, 27 Juni 2022 - 08:00 WIB
loading...
Partai Buruh Gandeng ITUC, Kampanye Global Tolak UU Cipta Kerja
Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyatakan serikat buruh di berbagai negara akan mengirimkan surat protes ke Kantor Kedubes Indonesia. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Partai Buruh Said Iqbal partainya menggandeng Internasional Trade Union Confederance (ITUC) untuk melakukan kampanye berskala global menolak pembahasan UU Cipta Kerja.

"Selain melakukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi, hal lain yang akan dilakukan Partai Buruh bersama elemen serikat buruh adalah melakukan kampanye internasional untuk menolak pembahasan kembali UU Cipta Kerja," ujar Said Iqbal, Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Partai Buruh Laporkan KPU ke Bawaslu, Ini Alasannya

Secara bersamaan, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) telah melapor ke Internasional Trade Union Confederance (ITUC). Dalam satu tahun belakangan ini, ITUC telah membentuk satu panel yang akan melakukan kampanye internasional.

Salah satu bentuk perlawanan yang akan dilakukan, serikat buruh di berbagai negara akan mengirimkan surat protes ke kantor-kantor Kedubes Indonesia.

"Misalnya DGB di Jerman, AFL CIO di Amerika, CUT di Brazil, ACTU di Australia, Renggo di Jepang. Bahkan akan ada aksi protes di kantor Duta Besar Indonesia di berbagai negara, yang dimotori oleh ITUC," jelas Said.



Hal lain yang akan dilakukan kata Said Iqbal adalah aksi-aksi unjuk rasa yang berkelanjutan. Buruh sudah melakukannya saat May Day, 14 Mei, dan 15 Juni. Ke depan, aksi besar akan terus dilakukan untuk menolak UU PPP sekaligus omnibus law UU Cipta Kerja.

"Bentuk perlawanan lain adalah kampanye sosial media, untuk menolak UU PPP yang direvisi dan menolak dibahasnya membali omnibus law UU Cipta Kerja," pungkas Said Iqbal.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0901 seconds (10.55#12.26)