Jalankan Politik Bebas Aktif, Jokowi Dinilai Mampu Hadapi Krisis Global

Minggu, 26 Juni 2022 - 19:28 WIB
loading...
Jalankan Politik Bebas Aktif, Jokowi Dinilai Mampu Hadapi Krisis Global
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai akan mampu menghadapi krisis yang menghadapi dunia saat ini akibat geo politik global. Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai akan mampu menghadapi krisis yang menghadapi dunia saat ini akibat geo politik global. Hal itu tak lepas dari komitmen Jokowi menjalankan politik bebas aktif sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945.

Ketua Forum Wacana Institut Pertanian Bogor (IPB) Raja Harahap mengakui bahwa kepemimpinan Jokowi punya kapabilitas dalam meminimalisir dampak geo politik global saat ini.

“Artinya apa yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 dijalankan, sehingga apa yang terjadi di dunia Ukraina dan Rusia tidak menjadi persoalan politik kita,” ujar Raja di Bogor setelah melaksanakan diskusi dengan tema “Prospek Kepemimpinan Jokowi di Tengah Gejolak Politik dan Ekonomi Dunia” dalam keterangannya, Minggu (26/6/2022).



Raja menyebut di bidang ekonomi kita cukup rentan terhadap dampak konflik. Pasalnya, Indonesia menurut dia menjalankan sistem ekonomi terbuka.

“Sistem ekonomi kita ini kan terbuka, jika sesuatu terjadi di luar itu akan mempengaruhi ke perekonomian kita,” ucapnya.

Tetapi, menurut dia, Jokowi mampu membuat Indonesia melewati masa-masa sulit baik akibat pandemi maupun konflik dunia. Hal itu lanjut dia membuat kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Jokowi terus membaik.

Raja menyebut Jokowi telah menjaga marwah Indonesia di mata dunia internasional. Sikap bebas aktif yang diambil Jokowi membawa nama baik Indonesia terus berkumandang. Baca juga: Jokowi Usulkan 3 Langkah Ini pada High-level Dialogue on Global Development

“Dia menjalankan itu dan membuat marwah bangsa kita ada sehingga yang sebelumnya orang bilang tidak bersikap ternyata punya sikap sendiri dan tidak bergantung dengan sikap politik luar,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6017 seconds (0.1#10.140)