KLHK Siapkan Ministerial Communique untuk G20

Rabu, 22 Juni 2022 - 22:32 WIB
loading...
KLHK Siapkan Ministerial Communique untuk G20
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mempersiapkan ministerial communique untuk G20 mendatang. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) mempersiapkan ministerial communique untuk G20 mendatang. Diketahui, pertemuan kedua Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (2nd EDM-CSWG) negara-negara anggota G20 di Jakarta resmi berakhir pada Selasa (21/6/2022).

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim pada KLHK Laksmi Dhewanthi menjelaskan bahwa pertemuan kedua itu menjadi perantara pertemuan pertama di Yogyakarta dan pertemuan terakhir di Bali akhir Agustus nanti yang bakal membahas ministerial communique. Sehingga, pertemuan kedua di Jakarta itu menjadi sangat penting.

Sebanyak 19 sesi workshop yang membahas tentang lingkungan hidup dan perubahan iklim telah dilaksanakan untuk dapat menghasilkan ministerial communique tersebut pada Agustus nanti. “Pertemuan tadi sudah menghasilkan satu dokumen yang disebut pre-zero draft yang merupakan dokumen awal yang akan dibahas terus menerus sampai dengan nanti bulan Agustus menghasilkan suatu dokumen yang disebut Ministerial Communique of Environment and Climate and Sustainability,” katanya.





Dia melanjutkan, pre-zero draft communique bakal ditindaklajuti dengan beberapa pertemuan sampai dengan pertemuan tingkat menteri di Bali. “Pada saat ini kami belum bisa membagikan communique-nya karena masih dalam proses, kita baru punya pre zero draft. Kita akan punya serangkaian diskusi-diskusi, pertemuan negosiasi untuk communique tersebut, sampai nanti menjelang pertemuan ketiga di akhir Agustus di Bali,” imbuhnya.

Elemen-elemen atau paragraf-paragraf yang mencerminkan komitmen akan dimuat dalam communique itu. Contohnya, kata dia, nanti G20 berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya-upaya untuk pengendalian perubahan iklim untuk atau agar bisa berkontribusi dalam menjamin kenaikan rata-rata suhu permukaan global tidak naik atau tidak lebih dari 1,5 C.

Selain itu, terdapat juga komitmen mendorong negara-negara maju untuk bisa memenuhi rencana pledge atau janjinya untuk memberikan pendanaan bagi negara-negara berkembang. “Communique ini merefleksikan hal-hal yang dibahas dalam pertemuan dan hal-hal yang ingin disampaikan oleh negara G20 di dalam EDM-CSWG ini sebagai komitmen, seruan, dan sebagai suatu rencana ke depannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa dengan menjadi Presidensi G20, Indonesia memiliki kesempatan untuk menetapkan agenda besar G20. Ada tiga agenda utama, yaitu kontribusi kepada global health architecture terutama karena Indonesia menjadi Presidensi G20 di masa pandemi Covid-19, digital transformation untuk mendukung economic growth, dan energy transition.

“Dengan ditetapkannya 3 tema ini yang kemudian diturunkan dalam masing-masing working group, maka Indonesia memiliki kesempatan untuk mengedepankan dan menyuarakan agenda-agenda Indonesia untuk kemudian dilakukan atau diterima sebagai agenda negara-negara G20,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)