Ini Perbedaan Pangkat Polisi Kombes, Komjen, dan Kompol

Rabu, 22 Juni 2022 - 11:20 WIB
loading...
Ini Perbedaan Pangkat Polisi Kombes, Komjen, dan Kompol
Perbedaan pangkat polisi Kombes, Komjen dan Kompol di instansi Polri bisa terlihat dari tanda yang melekat di bagian bahu seragamnya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbedaan pangkat polisi Kombes, Komjen dan Kompol di instansi Polri bisa terlihat dari tanda yang melekat di bagian bahu seragamnya . Masing-masing pangkat memiliki perbedaan tanda tersendiri.

Tanda kepangkatan Polri merupakan daftar tanda pangkat yang digunakan oleh Kepolisian Negara Indonesia. Sebagaimana tanda kepangkatan lainnya, kepangkatan Polri terdiri atas jajaran pangkat perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara tinggi, bintara, dan tamtama.

Baca juga : Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira

Untuk Komisaris Jenderal Polisi (Komjen) berada pada struktur Perwira Tinggi bersama Jenderal Polisi, Irjen dan Brigjen yang ditandai dengan pangkat berlambang bintang diseragamnya. Sementara untuk Kombes dan Kompol berada di dalam struktur perwira menengah yang ditandai dengan bunga.

1. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen)

Pangkat polisi ini berada di posisi kedua tepat di bawah Jenderal Polisi yang ada di golongan Perwira Tinggi. Pangkat Komjen ini setara dengan pangkat Letnan Jenderal, Laksamana Madya, dan Marsekal Madya pada struktur kepangkatan TNI. Sebelumnya pangkat ini dikenal sebagai Letnan Jenderal Polisi.

Jabatan yang biasa ditempati oleh Komjen ini adalah Kepala BNN, Wakapolri, hingga Kabaintelkam. Komjen juga bisa menjadi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan maupun Kepala Badan Intelijen dan Keamanan bila telah direstrukturisasi. Bila di luar lingkungan Polri Komjen menduduki posisi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Tanda pangkat yang diberikan adalah bintang 3 berwarna emas.

2. Komisaris Besar (Kombes)

Pejabat polisi yang berhak menyandang pangkat ini adalah Polda, Kapolres Metro, Kapolrestabes dan Kapolresta yang memenuhi syarat. Lambang dari Kombes ini berupa tiga bunga sudut lima. Dulunya pangkat ini bernama Kolonel sebelum tahun 2001.

Pangkat Kombes ini merupakan pangkat tertinggi pada struktur Perwira Menengah. Pangkat Perwira yang disandang Kombes ini menandakan bahwa pada umumnya mereka menerima pelatihan untuk memimpin manajemen diluar dari pelatihan spesialisasi mereka. Tanda pangkat kombes adalah 3 bunga bersudut 5, atau melati 3.

Baca juga : Kapolri Naikkan Pangkat Luar Biasa ke Polisi Korban Penyerangan Polsek Daha

3. Komisaris Polisi (Kompol)

Kompol merupakan jabatan polisi pada golongan Perwira Menengah tingkat satu. Pangkat ini setara dengan Mayor pada struktur kepangkatan TNI. Lambang yang terdapat pada Kompol ini berupa satu bunga melati dalam segi lima berwarna emas. Polisi yang memiliki hak pangkat ini adalah Pejabat Polresta, Kapolsek Metro wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Itulah Perbedaan Pangkat Polisi Kombes, Komjen dan Kompol yang bisa menambah informasi untuk lebih mengetahui tentang pangkat dalam Polri.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)