Buronan Jepang Mitsuhiro Taniguchi Dideportasi Pagi Ini

Rabu, 22 Juni 2022 - 06:45 WIB
loading...
Buronan Jepang Mitsuhiro Taniguchi Dideportasi Pagi Ini
Koordinator Pendetensian dan Pendeportasian Ditjen Imigrasi Douglas Simamora menjelaskan Mitsuhiro Taniguchi dideportasi karena tidak punya izin tinggal setelah paspornya telah dicabut pemeerintah Jepang. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Mitsuhiro Taniguchi (MT), buronan polisi Jepang, dideportasi atau dipulangkan ke negara asalnya pagi ini. Mitsuhiro merupakan tersangka kasus dugaan penipuan bantuan sosial Covid-19 di Jepang.

Koordinator Pendetensian dan Pendeportasian Ditjen Imigrasi Douglas Simamora menjelaskan Mitsuhiro dikenakan Pasal 75 UU Nomor 6 Tahun 2011. Mitsuhiro diduga telah membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati dan menaati peraturan perundang-undangan.

"Yang bersangkutan dideportasi dikarenakan tidak memiliki izin tinggal. Paspor Kebangsaannya telah dicabut oleh Pemerintah Jepang," jelas Douglas melalui keterangan resminya, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Imigrasi: Buronan Jepang Mitsuhiro Taniguchi Sudah 1,5 Tahun Tinggal di Indonesia

Berdasarkan informasi yang diterima MNC Portal Indonesia, Mitsuhiro Taniguchi dipulangkan menggunakan pesawat Japan Airlines JL720. Mitsuhiro dideportasi lewat Bandara Soekarno Hatta menuju Narita Jepang sekira pukul 06.35 WIB.

Mitsuhiro Taniguchi masuk ke Indonesia pada 2020 dengan visa tinggal terbatas dalam rangka penanaman modal (investor). Izin tinggal terakhir yang dimiliki oleh Mitsuhiro adalah Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). KITAS Matsuhiro diterbitkan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Jakarta Selatan pada 19 April 2021 dan berlaku hingga 17 Juni 2023.

Menurut Douglas, Mitsuhiro langsung tercatat ke dalam daftar penangkalan dan secara otomatis tidak bisa masuk ke wilayah Indonesia selama kurun waktu tertentu setelah dilakukan proses deportasi. "Yang bersangkutan akan dimasukan ke dalam daftar penangkalan," ujar dia.

Matsuhiro tertangkap setelah Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang meminta bantuan Ditjen Imigrasi Kemenkumham untuk mencarinya di Indonesia. Kedubes Jepang sebelumnya sudah sempat berkoordinasi dengan Polri.



Lantaran belum ada perjanjian ekstradisi, Polri kesulitan membantu dan memulangkan Mitsuhiro Taniguchi. Akhirnya, Kedubes Jepang meminta bantuan ke Ditjen Imigrasi untuk menemukan dan memulangkan Mitsuhiro melalui mekanisme Keimigrasian.

Hal ini dimungkinkan dengan status paspor Mitsuhuro yang telah dicabut oleh Pemerintah Jepang. Mitsuhiro kemudian masuk dalam Daftar Pencarian Orang Keimigrasian (DPOK) terhitung mulai tanggal 7 Juni 2022.

Ditjen Imigrasi dibantu kepolisian kemudian berhasil mengamankan Mitsuhiro Taniguchi pada Selasa, 7 Juni 2022, sekira pukul 22.30 WIB. Mitsuhiro Taniguchi diamankan di sebuah rumah warga daerah Kalirejo, Lampung. Buronan asal Jepang tersebut dikabarkan baru sepekan berada di Lampung
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1630 seconds (11.97#12.26)