PAN Dapat Kursi Menteri, Pengamat Ungkap tentang Langkah KIB

Jum'at, 17 Juni 2022 - 21:07 WIB
loading...
PAN Dapat Kursi Menteri, Pengamat Ungkap tentang Langkah KIB
Presiden Jokowi resmi melantik Ketua Umum (Ketum) DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan (Mendag), yang merupakan bagian dari KIB. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum (Ketum) DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Dengan demikian tiga partai yang masuk dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Partai Golkar, PAN, dan PPP berada dalam Pemerintahan.

Baca juga: Zulhas Yakin Ditugaskan Jadi Mendag karena Pengalaman Panjangnya

Masuknya PAN disebut juga menjadi angin segar, seakan KIB mendapat 'restu' dari Presiden Jokowi. Karena diketahui, Ketum Golkar Airlangga Hartarto menjabat Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian), Ketum PPP Suharso Monoarfa menjabat Menteri PPPN/Kepala Bappenas dan terbaru Zulhas menjadi Mendag.



Mengenai hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menegaskan, tidak mungkin KIB terbentuk tanpa izin dari Presiden Jokowi. Pasalnya, Airlangga dan Suharso adalah anak buah dari Kepala Negara.

"KIB itu kan terbentuk tidak mungkin tanpa seizin Presiden Jokowi. Kita tahu bahwa KIB dibentuk kan Ketum Golkar (Airlangga) dan Ketum PPP (Suharso) itu menjabat sebagai menteri anak buah presiden," kata Ujang kepada wartawan, Jumat (16/6/2022).

Ujang menuturkan, setiap pergerakan yang dilakukan oleh anak buahnya pasti Presiden Jokowi memantaunya. Termasuk mengenai langkah politik dari partai politik menuju Pilpres 2024.

"Sesuatu apa saja pasti izin, apalagi terkait dengan persoalan pilitik. Saya melihat itu merestui, mengizinkan terbentuknya KIB itu dari Presiden Jokowi," urai Ujang.

Dengan demikian kata Ujang, bisa dibilang pembentukan KIB adalah sebuah langkah politik yang amat positif. Terbukti Presiden Jokowi tidak mempermasalahkannya.

Malah kini anggota dari KIB yakni PAN mendapatkan kursi menteri, lalu menjadi bagian dari koalisi pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres Ma’ruf Amin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)