Program Ketahanan Pangan Di 10 Kabupaten ini Jangan Sampai Kendor

Rabu, 24 Juni 2020 - 15:31 WIB
loading...
Program Ketahanan Pangan Di 10 Kabupaten ini Jangan Sampai Kendor
10 Kabupaten Penghasil Beras Terbesar
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan segara menyalurkan dana segar atau Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 52 Triliun untuk 12 BUMN. Kucuran dana ini menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pemerintah dengan berbagai pertimbangan menilai ke12 BUMN ini harus dibantu, karena memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu dari 12 BUMN itu adalah Perum Bulog. BUMN penjaga harga pangan, khususnya beras ini direncanakan akan mendapat suntikan dana sebesar 10,5 Triliun.

Sudah bisa ditebak, dana sebesar itu akan jadi senjata Bulog untuk terus bisa menjaga ketahanan pangan dari sisi supply bahan pangan pokok, alias beras. Menjaga ketahanan pangan, memang akan jadi tugas berat pemerintah di tengah pandemi Covid 19. Ketahanan pangan bukan hanya merisaukan Indonesia, tapi sudah menjadi perhatian negara-negara lain di dunia. Bahkan FAO pun telah mengirim sinyal ke negara-negara di dunia, bahwa pandemi Corona bisa membawa dunia dalam kondisi krisis pangan.

Di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir, memang telah terjadi penurunan harga pada sejumlah komoditas pangan. baik ditingkat petani, nelayan maupun peternak. Ini terjadi karena banyaknya daerah yang memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala besar), terganggunya jalur logistik serta produksi yang melimpah karena musim panen tiba. Sejumlah komoditi saat pendemi memang tengah memasuki panen raya. Seperti jagung, padi,cabai. begitupun juga untuk ayam, ikan dan telur.

Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Bustanul Arifin mengatakan krisis pangan memang tengah mengintai Indonesia. Dipicu dari sisi permintaan (demand side). Krisis pangan akan lebih parah, jika ketersedaian stock bahan pangan ikut turun.

Dari data yang dipublikasikan BPS, tanda-tanda krisis pangan itu sudah terjadis ejak awal tahun ini. Ditndi dengan merosotnya Nilai Tukar Petani (NTP) dalam rentang Januari hingga Mei 2020. NTP di Januari tercatat 104,16 dan terus turun hingga Mei yang mencapai 99,47. Untuk diketahui nilai NTP di bawah 100 berarti pendapatan petani lebih rendah dibandingkan dengan kebutuhannya.

Menghadapi ancaman ini Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kementrian Pertanian Dedi Nursyamsi mengatakan, kondisi pandemi sangat mempengaruhi proses penyediaan pangan bagi masyarakat. Aktivitas produksi pertanian terganggu, begitu juga hasil produksi, distribusi produk pertanian ke konsumen, penyerapan tenaga kerja, serta pendapatan rumah tangga petani.

Dedi Nursyamsi menjelaskan dalam mengantisipasi krisis pangan dan kekeringan di tahun 2020 maupun di tahun 2021, serta recovery dampak Covid-19, Kementerian Pertanian sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasinya. Diantaranya melakukan Gerakan Bersama Tim Supervisi dan Pendampingan Program Utama Kementerian Pertanian.

Kegiatan dari gerakan ini, antara lain memantau dan memastikan kesiapan percepatan tanam Musim Tanam II tahun 2020. Khususnya, pengolahan lahan untuk pertanaman, penyiapan benih dan pupuk serta sarpras lainnya, pembiayaan pertanian melalui KUR, dan operasionalisasi alat dan mesin pertanian.

Selain itu, juga memantau dan memastikan kesiapan cadangan beras tingkat provinsi dan kabupaten kota. Memastikan agar para PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) mengkoordinasikan cadangan beras tingkat di desa. Serta ensosialisasikan gerakan diversifikasi pangan lokal dengan slogan "Indah, Bahagia dengan Makanan Lokal".

Antisipasi penurunan produksi peratnian khususnya bahan pangan (beras), sebenarnya bisa lebih difokuskan ke daerah-daerah yang selama ini jadi lumbung beras nasional. Berdasarkan perhitungan dari Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, ada 10 kabupaten di Indonesia yang menjadi produsen beras tertinggi di 2019. perhitungan produksi beras ini menggunakan data hasil Kerangka Sampling Area Badan Pusat Statistik (KSA BPS).

Kesepuluh kabupeten itu adalah:

Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki luas panen padi 215,7 ribu hektar. Dari luas ini, diperoleh produksi padi 1,4 juta ton gabah kering giling (GKG), sementara produksi berasnya sebesar 790 ribu ton.

Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas panen padi di Kabupaten Karawang 185,8 ribu hektar. Dari lahan seluas itu dihasilkan produksi padi 1.1 juta ton GKG, sehingga diperoleh produksi beras 641 ribu ton.

Posisi ketiga ditempati oleh Kabupaten Subang, Jawa Barat. Luas lahan panen padi di kabupaten ini mencapai 156,3 ribu hektar, produksi padinya sebesar 943 ribu ton GKG dan produksi berasnya sebesar 541 ribu ton.

Di luar Pulau Jawa, ada Kabupaten Banyuasin , Provinsi Sumatera Selatan yang mampu memproduksi beras dalam jumlah melimpah. Banyuasin memiliki luas panen padi 208,6 ribu hektar, sehingga produksi padinya sebesar 905,8 ribu ton GKG dan produksi beras sebesar 519,7 ribu ton.

Kabupaten Lamongan Jawa Timur menempati urutan kelima. Hamparan persawahanya begitu luas, sehingga luas panen padi sebesar 140,5 ribu hektar. Dari lahan panen seluas itu, diperoleh produksi padi sebesar 839.7 ribu ton GKG dan produksi beras sebanyak 481.750 ton.

Sebagai salah satu kabupaten lumbung padi di Jawa Timur, Kabupaten Ngawi mampu menghasilkan777,2 ribu ton GKG atau produksi berasnya sebesar 445,9 ribu ton. Produksi komoditas pangan ini dihasilkan di atas lahan panen padi seluas 122.5 ribu hektar.

Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, menempati urutan ketujuh sebagai kabupaten penghasil beras terbesar di tanah air. Memiliki luas panen padi 169,5 ribu hektar, produksi padinya sebesar 772,9 ribu ton GKG atau produksi berasnya sebesar 443,4 ribu ton.

Kabupaten Grobogan, tercatat menjadi kabupaten penghasil beras tertinggi di Jawa Tengah. Luas lahan panen padinya 136.2 ribu hektar, dengan produksi padi yang diperoleh sebesar 772,5 ribu ton GKG atau produksi berasnya sebesar 443,2 ribu ton.

Di urutan kesembilan ada Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki luas panen padi 111.6 hektar. Adapun produksi padi yang diperoleh 766 ribu ton GKG atau produksi berasnya sebesar 439,5 ribu ton.

Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menurut data BPS menjadi kabupaten di urutan ke-10 penghasil beras terbanyak di Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas panen padi seluas 439.5 ribu hektar. Produksi padinya sebesar 670 ribu ton GKG atau diperoleh produksi beras sebesar 401.6 ribu ton.
(eko)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1214 seconds (0.1#10.140)