Waketum Garuda Yakin Jokowi Pilih Menteri Baru Tidak Asal-asalan

Kamis, 16 Juni 2022 - 21:27 WIB
loading...
Waketum Garuda Yakin Jokowi Pilih Menteri Baru Tidak Asal-asalan
Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi meyakini Presiden Jokowi tidak asal-asalan dalam memilih menteri dan wakil menteri baru. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat beberapa menteri baru dalam reshuffle kabinet baru-baru ini diyakini tidak asal-asalan. Keputusan itu pasti berdasarkan penilaian dari Kepala Negara.

"Pak Jokowi memilih menteri baru menggantikan menteri sebelumnya, tentu bukan asal cap cip cup atau dilotere, tapi berdasarkan penilaian bahwa orang yang diangkat menjadi menteri memiliki kemampuan untuk menyelesaikan dengan cepat tugas-tugas yang sebagian telah dikerjakan menteri sebelumnya," kata Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/6/2022).

Teddy tidak sepakat dengan kritikan sejumlah pihak terhadap beberapa menteri baru yang dilantik Presiden Jokowi pada Rabu (15/6/2022) kemarin. Teddy melihat sebelum reshuffle kabinet itu dilakukan ada kelompok yang sibuk mem-plot beberapa nama dengan berbagai penilaian.



"Setelah reshuffle dilakukan, ada gerombolan yang berisik dan sibuk mengkritik para menteri baru. Ini jelas ngawur, orang belum kerja kok sudah dikritik?" tutur Juru Bicara Partai Garuda ini.

Ia sepakat bahwa kritikan itu perlu diberikan kepada beberapa menteri baru itu jika tidak bisa menjalankan dengan cepat dan tepat program dari Jokowi. Teddy juga sepakat beberapa wakil menteri baru juga perlu dikritik jika tidak bisa membantu para menteri dalam menjalankan program pemerintah.

"Tapi kalau belum bekerja sudah dikritik, selain tidak adil, tentu ini bukan lagi kritik, tapi kebencian dan kebodohan yang dibungkus dengan kata kritik. Ini jelas tidak sehat," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi Reshuffle 2 Menteri, Faldo: Ini Bukan Tawar-menawar Politik

Untuk diketahui, Presiden Jokowi resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (15/6/2022) siang di Istana Kepresidenan. Dua menteri baru itu adalah Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto.

Zulkifli Hasan yang merupakan Ketua Umum DPP PAN dilantik sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan Muhammad Lutfi. Sementara, Hadi Tjahjanto yang merupakan mantan Panglima TNI, dilantik menjadi Menteri Agrariadan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Hadi menggantikan Sofyan Djalil.

Sementara, tiga wamen yang dilantik itu adalah Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan. Kemudian, John Wempi Wetipo yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri PUPR, kini menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri.

Satu nama wamen lainnya yang dilantik hari ini adalah Raja Juli Antoni. Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini dilantik menjadi Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, menggantikan rekan separtainya, Surya Tjandra.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)