LSI Denny JA Prediksi Ada 3 Poros Utama Pilpres 2024

Selasa, 14 Juni 2022 - 22:06 WIB
loading...
LSI Denny JA Prediksi Ada 3 Poros Utama Pilpres 2024
Lembaga Survei LSI Denny JA memprediksi hanya ada tiga poros dalam Pilpres 2024. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei LSI Denny JA memprediksi hanya ada tiga poros dalam Pilpres 2024 . Masing-masing poros telah memiliki calon, baik presiden maupun wakil presiden, yang akan diusung pada pesta demokrasi lima tahunan nanti.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa mengungkapkan, tiga poros utama Pilpres 2024 adalah Poros PDIP, Poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), dan Poros Sisa Dunia. Ketiga poros itu telah memegang tiket Pilpres 2024 karena memenuhi presidential threshold 20% yang dipersyaratkan.

PDIP memiliki 128 kursi DPR atau setara 22,26%. KIB yang terbentuk dari tiga parpol, yakni Partai Golkar, PAN, dan PPP total memiliki 148 kursi atau 25,73%. Adapun Poros Sisa Dunia merupakan gabungan Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, dan PKS dengan total kursi 299 atau setara 52%.

Baca juga: KIB Buka Pintu bagi Parpol Nonparlemen, Peneliti BRIN: Semua Diajak untuk Memenangkan Jagoan

"Baik Poros PDIP ataupun Poros KIB masih bisa menambah partai lain untuk koalisi, sehingga menutup peluang bagi lahirnya pasangan keempat," kata Ardian Sopa dalam rilis hasil survei nasional LSI Denny JA tentang Tiga Poros Utama Pasangan Capres dan Cawapres 2024: Divisi Utama versus Divisi Kedua, Selasa (14/6/2022).

Dalam tiga poros utama itu, ada lima tokoh yang masuk sebagai kandidat capres/cawapres. Masing-masing Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Di luar nama nama itu, LSI Denny JA mengelompokkan kandidat lainnya dalam Divisi Dua. Mereka adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala BIN Budi Gunawan, Menkeu Sri Mulyadi, Panglima TNI Andika Perkasa, dan Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti.

Baca juga: Koalisi Indonesia Bersatu Terbuka untuk Parpol Nonparlemen

"Lima nama itulah yang diperkirakan akan menjadi susunan capres/cawapres tiga poros utama nanti di Pilpres 2024. Bila tiga poros pasangan memang diperlukan satu nama lagi, agar enam nama untuk mengisi posisi cawapres, maka berasal dari kandidasi capres/cawapres di Divisi Dua," kata Ardian.

Survei LSI Denny JA menggunakan metodologi survei multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 orang. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada responden menggunakan kuesioner dari 24 Mei hingga 7 Juni 2022. Margin of error plus minus 2,9%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2302 seconds (0.1#10.140)