KIB Buka Pintu bagi Parpol Nonparlemen, Peneliti BRIN: Semua Diajak untuk Memenangkan Jagoan

Selasa, 14 Juni 2022 - 21:42 WIB
loading...
KIB Buka Pintu bagi Parpol Nonparlemen, Peneliti BRIN: Semua Diajak untuk Memenangkan Jagoan
Peneliti Ahli Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menilai pembentukan koalisi pada hakikatnya bersifat inklusif atau terbuka. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peneliti Ahli Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menilai pembentukan koalisi pada hakikatnya bersifat inklusif atau terbuka. Karena itu, tidak heran jika Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) membuka pintu bagi partai nonparlemen.

"Oleh karena itu dikatakan tadi memang akan terbuka, baik untuk partai yang ada di DPR maupun partai yang tidak di DPR semua diajak. Karena ini yang dibutuhkan sebanyak-banyaknya pemilih untuk memenangkan jagoannya nanti," kata Siti dalam tayangan MNC News, Selasa (14/6/2022).

Menang pemilu, kata Siti, memang menjadi tujuan dari partai politik. Namun menurutnya, partai politik tidak bisa menghalalkan segala cara untuk memenangkan kontestasi tersebut. Oleh karenanya, pembentukan koalisi dinilai juga dibentuk berdasarkan kebutuhan masyarakat.

"Tentu pemilu tidak hanya sekadar pokoke menang. Jadi ada nila-nilai dimensi kebangsaan, kebutuhan masyarakat, dimensi kebutuhan negara bangsa ke depannya itu apa," tuturnya.



Apalagi, kata Siti, penentu dalam pemilu nasional bukan dinilai dari seberapa besar koalisi yang dibentuk atau besar kecilnya partai politik. Menurutnya, pemenangan pemilu dinilai dari penokohan dari partai-partai politik itu sendiri.
KIB Buka Pintu bagi Parpol Nonparlemen, Peneliti BRIN: Semua Diajak untuk Memenangkan Jagoan

"Biasanya pengalaman menang di pemilu nasional itu menunjukkan bukan karena besar koalisi yang dibangun, tapi memang kepercayaan masyarakat kepada paslon sebagai dwitunggal yang akan menjadi pemimpin di level nasional, itu yang mungkin sangat urgen untuk dipahami," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, 7 partai politik nonparlemen sepakat untuk membentuk poros baru pada Pemilu 2024. Poros baru tersebut mantap dibentuk setelah tujuh sekretaris jenderal parpol nonparlemen melakukan pertemuan pada Kamis (9/6/2022). Ketujuh parpol nonparlemen itu yakni Partai Perindo, Berkarya, PBB, Hanura, Garuda, PSI, dan PKP.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersifat inklusif dan terbuka dengan partai mana pun yang ingin bergabung. KIB membuka pintu selebar-lebarnya bagi seluruh partai, termasuk partai nonparlemen.

"Semua termasuk. Jadi yang di parlemen maupun nonparlemen terbuka, karena sifatnya inklusif," ujar Airlangga di Jakarta, Senin (13/6/2022).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)