36 Ribu Personel Brimob Ditugaskan ke 3 Satker Wilayah Baru

Selasa, 14 Juni 2022 - 10:19 WIB
loading...
36 Ribu Personel Brimob Ditugaskan ke 3 Satker Wilayah Baru
Sebanyak 36 ribu personel Brimob ditugaskan ke 3 satuan kerja wilayah baru untuk wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Korps Brigade Mobil (Korbrimob) Polri menempatkan sekitar 36 ribu personel untuk ditugaskan di tiga satuan kerja (satker) wilayah baru. Satuan tersebut akan bertugas untuk mengemban tugas pembinaan dan pengerahan kekuatan dalam memberikan bantuan taktis operasional ke wilayah masing-masing.

"Masing-masing PASBM (Pasukan Brimob) ada empat resmien. Pemenuhan personel bertahap sampai dengan 2045," kata Kabagren Korps Brimob Polri Kombes Rudy Harianto saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Satu resmien biasanya diisi oleh sekitar 3 ribu pasukan dan dipimpin oleh seorang perwira tinggi (Pati) dengan pangkat Brigadir Jenderal.

Rudy menjelaskan, Pas Brimob 1 nantinya akan berkedudukan di bagian Barat Indonesia, tepatnya di Langsa, Aceh Timur. Mereka akan mencakup penugasan di wilayah Pulau Sumatera.



Kemudian Pas Brimob 2 akan bertugas di wilayah bagian tengah dan berkedudukan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Penugasan mereka akan mencakup wilayah Nusa Tenggara, Kalimantan dan Sulawesi.

Sementara Pas Brimob 3 akan bertugas di wilayah Timur dan berkedudukan di Distrik Mimika, Papua. Pasukan ini akan mencakup wilayah Maluku dan Papua. Pasukan ini akan dipimpin oleh Danpas Brimob dengan pangkat Brigjen.

"Sebagai pejabat pelaksana utama yang berada di bawah Dankorbrimob Polri, memiliki tugas koordinasi dan kerja sama dengan satuan kewilayahan kepolisian daerah dan instansi terkait, dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi untuk keberhasilan tugas," ujarnya.



Danpas Brimob, katanya, akan bertugas untuk memimpin, membina, mengawasi dan mengendalikan seluruh jajaran Pasbrimob di wilayah. Mereka nantinya akan memberikan saran dan pertimbangan pengerahan pasukan dengan langsung bertanggung jawab kepada Dankorbrimob Polri.

Saat ini terdapat total 45.108 personel yang tergabung dalam Korps Brimob. Sebanyak 8.081 orang berdinas di Mako Brimob, sementara 37.027 orang lainnya tersebar di 34 Sat Brimob seluruh Indonesia.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)