Moeldoko Motivasi Santri agar Punya Mimpi Besar bahkan Jadi Pemimpin Bangsa

Minggu, 12 Juni 2022 - 08:03 WIB
loading...
Moeldoko Motivasi Santri agar Punya Mimpi Besar bahkan Jadi Pemimpin Bangsa
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, saat berkunjung di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memotivasi para santri untuk mempunyai impian besar setinggi mungkin dan menjadi pemimpin bangsa. Hal ini dikatakan Moeldoko saat berkunjung di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur, Jumat 10 Juni 2022.



"Rasulullah pun bersabda, Kullukum ro'in wa kullukum mas'ulun an ra'iyyatih, setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpin," tambahnya.

Mantan Panglima TNI ini juga menceritakan pentingnya pendidikan agama dalam membentuk dirinya sekarang.

"Dulu, saya itu tidurnya di langgar (mushola). Kalau telat bangun salat shubuh, Pak Kiai dulu sudah siap dengan penjalin (sejenis rotan). Disiplin sekali, benar-benar digembleng. Saya enggak akan jadi jenderal kalau tidak digembleng dengan pendidikan agama," ungkap Moeldoko.

Karena menurut Moeldoko mengatakan, serangan kepada unsur-unsur kebudayaan umat itu dilakukan dengan menghilangkan keyakinan, mendegradasi kekuatan ideologi dan menghilangkan kebanggaan atas identitas bangsa.

"Fenomena ini sudah terjadi. Namun saya yakin sistem pendidikan di pesantren-pesantren bisa memperkuat identitas keagamaan sekaligus identitas bangsa," tutup Moeldoko.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)