Peringati Bulan Bung Karno 2022, Sekjen PDIP dan Gubernur Sulut Bersepeda 30 Km

Sabtu, 11 Juni 2022 - 15:13 WIB
loading...
Peringati Bulan Bung Karno 2022, Sekjen PDIP dan Gubernur Sulut Bersepeda 30 Km
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengikuti rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno di Minahasa Utara. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Peringati Bulan Bung Karno (BBK) 2022, PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Banteng Ride and Night Run di Provinsi Sulawesi Utara. Acara dilaksanaan bersamaan dengan Pekan Rakyat Minahasa Utara.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto turut berpartisipasi dalam acara tersebut, yang dipusatkan di JG Center, di Jalan Soekarno, Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Sabtu (11/6/2022).

Hasto mengikuti ajang itu bersama dengan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang juga Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Walikota Manado Andrei Angouw, Walikota Bitung Maurits Mantiri, Bupati Sitaro Evangelin Sasingen, dan Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar.



Sementara Ketua DPP PDIP bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga melepas Hasto, Olly, dan rombongan pesepeda yang mengikuti ajang itu. “Kita lepas keberangkatan peserta. Jaga kesehatan, jaga jarak, dan tertib berlalu lintas,” kata Eriko sembari melambaikan bendera checker tanda lomba sepeda itu dimulai.



100 lebih pesepeda mengikuti ajang tersebut. Sebelum rombongan ini, beberapa jam sebelumnya, sekitar 400-an pesepeda sudah terlebih dahulu memulai perlombaan untuk kelas 50 kilometer. Sementara rombongan Hasto dan Olly, menempuh jarak 30 kilometer. Tampak juga Ketua Panitia Banteng Ride and Night Run Pulung Agustanto berada bersama rombongan Olly Dondokambey.

Baik Hasto maupun Olly tampak bersemangat dalam melakukan kegiatan tersebut. Hasto sendiri bersepeda dengan terus ditempel oleh Steven Kandouw. Sekitar 2 jam bersepeda, akhirnya semua tiba di garis finish dengan selamat. Ratusan warga dan kader PDIP yang sudah menanti, bersorak sorai menyambut rombongan para pesepeda itu.

Hasto menyampaikan salam dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri kepada warga masyarakat dan kader partai di Sulut. Dia mengaku sebelum berangkat, dirinya meminta izin dan menemui Megawati. “Saya permisi kepada Ibu Megawati. Beliau menyampaikan salam kepada seluruh kader PDI Perjuangan di Sulawesi Utara,” kata Hasto.

Hasto mengatakan di dalam merayakan Bulan Bung Karno (BBK), PDIP memang menampilkan berbagai kegiatan yang salah satunya adalah yang membangun kesehatan tubuh dan jiwa. Hasto mengingatkan adanya istilah yang dipopulerkan oleh Bung Karno. Yakni Men Sana In Corpore Sano, yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

“Itulah yang membedakan kader Banteng dengan kader partai lain. Sebab bagaimana kita jadi pemimpin hebat kalau hidup kita tak diwarnai oleh kesehatan jiwa dan raga,” kata Hasto.

Eriko Sotarduga menambahkan, selain membangun kesehatan jiwa dan raga, ada unsur kegotongroyongan dalam kegiatan tersebut. Sebab biaya pendaftaran yang diperoleh dari para peserta, akan dijadikan 1.000 sepeda dan 2.000 pasang sepatu.

“Akan diberikan kepada guru dan murid. Para guru di wilayah terluar akan mendapatkan 1.000 sepeda untuk guru dan 2.000 pasang sepatu untuk murid-murid yang tinggal di wilayah terluar,” kata Eriko.

Sementara Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, yang menjadi tuang rumah, menjelaskan Banteng Ride and Night Run itu merupakan salah satu kegiatan dalam rangka perayaan Bulan Bung Karno. Diapun menjelaskan agenda Jalan Sehat yang juga digelar.

Menurut Bupati Joune kegiatan Jalan Sehat adalah salah satu contoh hidup sehat, berguna juga untuk menjaga kesehatan. Didalamnya membangun tubuh yang sehat bagi segenap jajarannya, sehingga bisa membantu dan menjalankan semua program pemerintah dengan maksimal. "Sehingga kedepannya, semangat melayani dan pemberian pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal," kata Bupati JG, sapaan akrabnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)