Pilpres 2024 Diprediksi 3 Poros, Berikut King Makernya

Kamis, 09 Juni 2022 - 19:07 WIB
loading...
Pilpres 2024 Diprediksi 3 Poros, Berikut King Makernya
Sejumlah partai politik (parpol) sudah mendeklarasikan koalisi mereka dalam menghadapi Pemilu 2024. PAN, PPP, dan Golkar sepakat untuk membentuk KIB. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejumlah partai politik (parpol) sudah mendeklarasikan koalisi mereka dalam menghadapi Pilpres 2024 . PAN, PPP, dan Golkar mendeklarasikan berkoalisi dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).





"Kita lihat sudah ada kunjungan-kunjungan ke Partai NasDem. Itu juga membuat potensi membuat satu poros," kata Hanta saat ditemui seusai rilis survei Proyeksi Kandidat Kuat Kandidasi Pilpres 2024, Kamis (9/6/2022).

Menurutnya, poros-poros baru tersebut akan muncul tergantung dari penentu atau king maker dari masing-masing partai atau koalisi. Dijelaskan Hanta, di KIB ia menduga Presiden RI Joko Widodo sebagai king maker di koalisi tersebut.

"Karena kita tahu Golkar, PAN, dan PPP adalah partai-partai yang cukup dekat pada Pak Jokowi sekarang ini, dibandingkan partai-partai lain," ucapnya.

Kemudian ia menyebutkan king maker lainnya, yakni Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono; Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, dan Jusuf Kalla.

"Ini mungkin ada 3 poros kalau dari nama tadi misalnya betul-betul terjalin. Meskipun ini bisa berubah, Gerindra dan PDIP misalnya terjalin koalisinya benar-benar. Jadi Prabowo-Puan, maka kemungkinan Ganjar akan masuk dari KIB," tutur Hanta.

"Tapi, kalau kemudian PDIP bergabung bersama dengan KIB, maka kemungkinan akan muncul nama Ganjar, apakah Ganjar-Puan atau Ganjar dengan siapa, itu potensi bipolarnya besar," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)