Salut! 2 Putra Timor Timur Tembus Jenderal TNI

Kamis, 09 Juni 2022 - 11:55 WIB
loading...
Salut! 2 Putra Timor Timur Tembus Jenderal TNI
Mayjen TNI Rui Fernando Guedes Palmeiras Duarte dan Brigjen TNI Antonio Rangel Da Silva merupakan putra Timor Timur yang menjadi prajurit TNI. FOTO/INSTAGRAM @suryoprabowo2011
A A A
JAKARTA - Timor Leste pernah menjadi bagian wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Meski kini telah membentuk negara sendiri, banyak warga Timor Timur (nama provinsi sebelum berganti menjadi Timor Leste), memilih tetap menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), bahkan di antaranya ada yang menjadi prajurit TNI.

Setidaknya ada dua putra Timor Timur yang kini menjadi jenderal TNI . Keduanya adalah Mayjen TNI Rui Fernando Guedes Palmeiras Duarte dan Brigjen TNI Antonio Rangel Da Silva S.IP, MSi (Han). Rui Fernando dan Antonio Rangel merupakan jenderal TNI AD pertama dan kedua yang berasal dari Timor Timur.

Mantan Kepala Staf Umum TNI, Letjen TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo mengungkapkan bahwa Rui Fernando merupakan prajurit Kopassus putra pejuang Timor Timur, (alm) Jose Manuel Duarte, salah satu pemimpin pemberontakan terhadap pemerintah Portugas di Viqueque, Timor Portugal pada 1959. Jose Manuel bersama seluruh keluarganya dibuang ke Mozambique, negara jajahan Portugis di Afrika dan baru kembali ke Timor Timur pada 1986.



Sementara Antonio da Silva adalah prajurit Raider kelahiran Timor Portugis tahun 1966. Ia merupakan alumnus Akademi Militer (Akmil) 1992. Suryo Prabowo mengenalnya sejak bertugas sebagai instrukrur taktik bertempur di Pusat Kesenjataan Infanteri, Bandung.

"Saya bangga pernah mengenal dekat dengan mereka berdua," tulis Suryo Prabowo dalam unggahan di akun Instagram dikutip, Kamis (9/6/2022).

"Mereka bisa, kita pun bisa," tulis Suryo Prabowo lagi.

Baca juga: Cara Membedakan TNI Gadungan dan Asli, Jangan Sampai Tertipu

Unggahan ini pun mendapat respons positif dari netizen. Mereka bangga atas kesetiaan putra Timor Timur kepada Republik Indonesia.

"Beliau berdua adalah Perwira TNI yang hebat," tulis Bangkit Widodo.

"Luar biasa...patut untuk di contoh semangat,prestasi dan kecintaannya kepada NKRI," tulis kurniadi_dadang.

"MasyaAllah ikut bangga sebagai warga Indonesia keturunan Timor Leste," kata abdulqodirdearaujo.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)