DPR: Tenaga Kerja Lokal Bakal Jadi Lokomotif Pembangunan IKN Nusantara

Rabu, 08 Juni 2022 - 14:58 WIB
loading...
DPR: Tenaga Kerja Lokal Bakal Jadi Lokomotif Pembangunan IKN Nusantara
Anggota IX DPR RI Rahmad Handoyo mengatakan bahwa tenaga kerja lokal akan menjadi lokomotif pembangunan IKN Nusantara. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Potensi tenaga kerja lokal diyakini bakal sangat bermanfaat untuk mendukung proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pembangunan IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bakal menyerap banyak tenaga kerja.

"Otomatis sumber daya tenaga kerja lokal akan jadi prioritas. Bila kurang, SDM dari daerah lain bisa diberikan kesempatan. Saya yakin warga lokal akan jadi lokomotif pembangunan IKN, dan itu akan jadi nilai positif," ujar Anggota IX DPR RI Rahmad Handoyo, Rabu (8/6/2022).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, pembangunan IKN Nusantara secara otomatis membuka lapangan kerja baru. Kebutuhan terhadap tenaga kerja bakal sangat panjang sampai IKN Nusantara benar-benar beroperasi.





Hal tersebut dinilai sangat positif sebagai opsi untuk mengurangi angka pengangguran. Rahmad Handoyo menuturkan, APBN sebagai stimulus penggerak ekonomi rakyat.

"Bagaimana serapan anggaran berdampak pada ekonomi rakyat, termasuk di dalamnya proyek IKN yang otomatis akan menyerap tenaga kerja begitu besar. Itu saya kira kita sambut positif," imbuhnya.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat mendukung pembangunan IKN Nusantara yang sudah menjadi amanah rakyat melalui undang-undang yang dibuat eksekutif dan legislatif sebagai representasi rakyat. Karena, dampak positif IKN Nusantara diyakini begitu besar.

"Karena ini sudah diputuskan, mari kita bangun dan dukung. Bangsa ini tidak bisa hanya membangun satu golongan. IKN dibangun untuk bangsa Indonesia. IKN adalah lambang kebanggaan bangsa. Ayo bersama-sama, gotong royong menggerakkan ekonomi," pungkas Rahmad.

Sekadar diketahui sebelumnya, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono mengungkapkan bahwa pembangunan IKN bakal menyerap 150.000 hingga 200.000 pekerja di lapangan pada 2023. Adapun pekerjaan lapangan pembangunan IKN Nusantara bakal dimulai pada semester kedua tahun ini.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)