Pimpinan Tertinggi Khilafatul Muslimin Ditetapkan Tersangka

Selasa, 07 Juni 2022 - 12:06 WIB
loading...
Pimpinan Tertinggi Khilafatul Muslimin Ditetapkan Tersangka
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memastikan bahwa pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja telah ditetapkan sebagai tersangka. FOTO/DOK.POLDA METRO
A A A
JAKARTA - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memastikan bahwa pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin , Abdul Qadir Baraja telah ditetapkan sebagai tersangka . Abdul Qadir telah ditangkap di Telukbetung, Bandar Lampung, Lampung.

"Memang untuk penangkapan KM (Khilafatul Muslimin), ya kemudian untuk tersangka sudah ditetapkan atas nama A (Abdul Qadir)," kata Dedi kepada awak media, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Dalam hal ini, kata Dedi, penyidik nantinya mengarah ke penerapan pasal di dalam Undang-Undang (UU) Ormas, UU ITE, hingga pasal penyebaran hoaks yang menyebabkan kegaduhan.



"Dir Krimsus menyampaikan ada beberapa pasal persangkaakan baik UU ormas, UU ITE, penyebaran berita hoaks yang membuat kegaduhan, itu semua akan didalami penyidik," ucap Dedi.

Menurutnya, polisi juga mendalami beberapa orang lainnya menyusul dengan penangkapan Abdul Qadir Baraja tersebut. "Mendalami beberapa orang yang kemungkinan bisa bertambah untuk tersangkanya," ujar Dedi.

Untuk diketahui, Abdul Qadir ditangkap di kediamannya wilayah Telukbetung, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (7/6/2022) sekitar pukul 05.00 WIB.

Baca juga: Begini Kronologi Penangkapan Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja

Di sisi lain, Polda Jawa Tengah juga menetapkan tiga tersangka pimpinan Khilafatul Muslimin sebagai tersangka, yakni, GZ, DS dan AS.

Khilafatul Muslimin menjadi sorotan setelah adanya konvoi di Cawang, Jakarta Timur, pada Minggu (29/5/2022) sekitar jam 09.14 WIB. Terlihat para pemotor itu melintas bergerombol dengan memakai seragam dengan warna dominan hijau.

Para pemotor itu nampak membawa bendera berbahasa Arab berukuran besar. Sejumlah poster berisi pesan terkait khilafah pun turut dibawa peserta konvoi.

"Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah," tulisan di salah satu poster yang dibawa pemotor.

"Jadilah Pelopor Penegak Khilafah Ala Minhajin Nubuwwah," bunyi poster lainnya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2363 seconds (10.55#12.26)