Pengamat Sebut Hadirnya Jubir Partai Perindo Memperkuat Eksistensi & Keterbukaan Publik

Senin, 06 Juni 2022 - 18:19 WIB
loading...
Pengamat Sebut Hadirnya Jubir Partai Perindo Memperkuat Eksistensi & Keterbukaan Publik
Pelatihan Juru Bicara di Auditorium Kantor DPW Partai Perindo Jabar, Jalan Cipaganti Nomor 75, Kota Bandung, Senin (30/5/2022). FOTO/MPI/AGUNG BAKTI SARASA
A A A
JAKARTA - Hadirnya para juru bicara Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ), baik di level nasional maupun daerah, menjadi angin segar bagi iklim politik dan masyarakat pemilih di Indonesia.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdus Salam mengatakan, para jubir Partai Perindo ini tidak sekadar menjadi narasumber dan penghubung partai, tetapi juga menjadi ikhtiar mendekatkan diri dengan publik.

"Jubir Partai Perindo juga menjaga dan memperkuat eksistensi partai bersama publik sepanjang waktu," kata Surokim, Senin (6/6/2022).



Menurutnya, keberadaan jubir Partai Perindo di daerah juga bisa memainkan peran untuk menguatkan keterbukaan informasi publik. Jubir Partai Perindo bisa memainkan peran terdepan berkomunikasi secara intens dengan publik dan menjadi garda depan mendekatkan partai ke konstituen.

"Di era baru politik digital gerakan membersamai publik di udara menjadi penting guna mendapatkan positioning lebih kuat. Hadir dan ada bersama publik juga menjadi tantangan sendiri di era digital sekarang yang membutuhkan pendekatan khusus," kata Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) ini.

Selama ini, diakuinya, partai politik yang ada getol merangkul publik hanya pada saat menjelang pemilu saja. Padahal, kerja politik sesungguhnya adalah kerja berkelanjutan sepanjang waktu.

Baca juga: Panaskan Mesin Jelang Pemilu 2024, Perindo Godok Jubir di Seluruh Indonesia

Namun begitu, tugas juru bicara partai memiliki tantangan yang sungguh tidak mudah. Banyak sekali informasi sampah, hoax, dan fake news di masyarakat yang harus diantisipasi dan diperhatikan para jubir.

"Jubir harus bisa menjadi penerang dan potensial memainkan peran strategis untuk itu," kata Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus Dekan FISIP Universitas Trunojoyo Madura ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)