Prabowo Umbar Parameter Pemimpin 2024, PDIP Ungkap Kriteria Menurut Megawati

Minggu, 05 Juni 2022 - 21:37 WIB
loading...
Prabowo Umbar Parameter Pemimpin 2024, PDIP Ungkap Kriteria Menurut Megawati
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat mengumbar sejumlah kriteria dan kualifikasi yang cocok untuk menjadi bakal calon presiden 2024. Salah satunya diungkapkan Menteri Pertahanan itu adalah berpengalaman.

Lalu bagaimana kriteria menurut PDI Perjuangan ( PDIP ). Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, kriteria calon pemimpin 2024 harus mampu meminimalisir kohesivitas dan polarisasi di masyarakat.

"Apa yang terjadi di Afganistan, di Suriah ikut berdampak kepada kita dan kemudian muncul pihak-pihak yang ingin membawa suatu ideologi baru, maka pemimpin harus kokoh secara ideologi, pemimpin harus memahami sistem pemerintahan kita, tata pemerintahan yang baik dan pemimpin itu harus memiliki karakter yang kuat keberanian untuk mengambil tanggung jawab," katanya usai geladi bersih promosi doktoral di Universitas Pertahanan (Unhan), Minggu (6/6/2022).



Hasto menambahkan, pemimpin juga harus memiliki kualifikasi dari sisi teknokrasi. Diharapkan pemimpin mampu mengorkestrasi seluruh jajaran pemimpin nasional, yang bergerak pada satu arah pemimpin yang menyelesaikan masalah-masalah rakyat, sekaligus membawa tanggung jawab bagi masa depan melalui penguasaan pengetahuan dan teknologi.

"Hal-hal seperti itulah yang menjadi kriteria dari PDIP tapi juga pemahamannya terhadap rakyat Indonesia. Jangan hanya karena baru bergerak di salah satu provinsi lalu sudah menyebut dirinya sebagai pemimpin. Ibu Mega selalu menginggatkan kenalilah seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Sebaliknya, Hasto mengatakan, bagi tokoh bangsa yang terpanggil untuk mengikuti kontestasi politik 2024 agar mau keliling Indonesia, untuk menyapa dan mendengarkan kehendak rakyat.

Baca juga: Gerindra Pastikan Prabowo Maju Pilpres 2024

"Jangan sampai pemimpin tidak memahami, sehingga misalnya rakyat memerlukan traktor untuk perngolahan tanah-tanah pertaniannya kemudian yang dibuatkan adalah berbeda dari yang dibutuhkan rakyat," kata Hasto.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)