4 Presiden RI Lahir Bulan Juni, Bung Karno hingga Jokowi

Sabtu, 04 Juni 2022 - 06:10 WIB
loading...
4 Presiden RI Lahir Bulan Juni, Bung Karno hingga Jokowi
Mural bergambar Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, dan Presiden BJ Habibie. Sama seperti Joko Widodo (Jokowi), ketiga Presiden tersebut lahir pada bulan Juni. Foto/MPI/Yulianto
A A A
JAKARTA - 4 Presiden RI lahir pada bulan Juni. Di antara keempat Presiden yang lahir pada bulan Juni itu, ada nama Soekarno (Bung Karno) dan Joko Widodo ( Jokowi ).

Bulan Juni menjadi salah satu bulan istimewa bagi Indonesia. Sebab, empat dari tujuh Presiden Indonesia ternyata lahir pada bulan Juni.

Berikut iniSINDOnews tampilkan profil singkat keempat Presiden RI yang lahir pada bulan Juni tersebut.

1. Soekarno
4 Presiden RI Lahir Bulan Juni, Bung Karno hingga Jokowi

Soekarno yang merupakan Proklamator Indonesia ini lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Soekarno lahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo. Saat kecil, anak pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai ini sering sakit-sakitan, sehingga pada usia 11 tahun ayahnya mengganti namanya menjadi Soekarno.



Soekarno atau lebih dikenal dengan nama Bung Karno terpilih menjadi presiden pertama Indonesia, sehari setelah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 bersama Mohammad Hatta. Soekarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama dalam Sidang PPKI, 18 Agustus 1945.

Bung Karno menjabat presiden selama 22 tahun, hingga digantikan oleh Soeharto pada 12 Maret 1967. Bung Karno wafat pada 21 Juni 1970 di Jakarta dan dimakamkan di Blitar.

2. Soeharto
4 Presiden RI Lahir Bulan Juni, Bung Karno hingga Jokowi


Soeharto lahir pada 8 Juni 1921 di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, DIY. Soeharto merupakan anak dari pasangan Sukirah dan Kertosudiro.

Soeharto menjadi Presiden ke-2 RI pada Maret 1967. Suami dari Siti Hartinah (Ibu Tien) ini menjadi Presiden Indonesia dengan masa jabatan terlama, yakni hampir 32 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)