Sandiaga Uno Beri Resep agar Pariwisata Daerah Dikenal Wisatawan

Jum'at, 03 Juni 2022 - 11:31 WIB
loading...
Sandiaga Uno Beri Resep agar Pariwisata Daerah Dikenal Wisatawan
Launching Program Semesta Dairi Memanggil, di Jakarta, Kamis (2/6/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan resep bagi daerah-daerah di Indonesia cara mempromosikan wisata di daerah agar menarik bagi wisatawan. Cara yang paling tepat dan disukai para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara saat ini adalah dengan memadukan berbagai atraksi dengan amenities (kelengkapan penunjangnya).

"Jadi dilakukan dengan cara bercerita dengan menarik tapi juga secara riil ada produk yang bisa dilihat, dirasa, dialami, dan dinikmati," kata Sandiaga Uno saat memberikan sambutan virtualnya pada acara launching Program Semesta Dairi Memanggil, di Jakarta, dikutip, Jumat (3/6/2022).

Menurut Sandiaga Uno, konsep promosi wisata yang dilakukan Kabupaten Dairi melalui program Semesta Dairi Memanggil merupakan konsep promosi yang kreatif. "Semoga dengan konsep promosi yang seperti ini, Dairi semakin dikenal dunia. Dalam hal ini, Dairi memiliki semuanya. Ada keindahan alamnya, ada budayanya, ada kopi Sidikalang yang terkenal dan kain ulos yang indah," ujarnya.



Kabupaten Dairi terkenal dengan Kopi Sidikalang yang sudah menjadi konsumsi pencinta kopi di mancanegara melalui salah satu gerai kopi terkenal di dunia. Selain itu, juga ada Tenun Ulos Dairi seperti ulos Silalahi Silahisabungan. Produk ini merupakan jenis ulos yang terbaik dengan pola dan teknis tenun yang cukup rumit.

Kabupaten Dairi merupakan salah satu dari 7 (tujuh) kabupaten di Sumatera Utara, yang mengelilingi Danau Toba dan berada di daratan tinggi Bukit Barisan. Lingkungan Kabupaten Dairi juga berperan sebagai penyangga ekosistem Danau Toba, dengan memiliki sungai-sungai yang mengalir ke Danau Toba.

Keberagaman etnis yang mendiami Kabupaten Dairi seperti Pakpak, Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, Nias, Minang, Aceh, Jawa, dan Tionghoa merupakan warisan budaya bangsa bernilai luhur yang membentuk identitas Kabupaten Dairi. Berbagai potensi wisata alam dan budaya ini yang merupakan aset yang sangat potensial untuk pengembangan kepariwisataan.

Baca juga: Buka Festival Film Pendek Family Sunday Movie x Lake Toba Film Festival, Sandiaga: Ciptakan Lapangan Kerja!

Bupati Dairi Eddy KA Berutu mengatakan, Semesta Dairi Memanggil merupakan program penguatan destinasi paiwisata dan kebudayaan. Lewat program ini masyarakat luas dapat mengenal potensi pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Dairi.

"Kami memiliki potensi wisata yang luar biasa. Ada Danau Toba, ada gunung, daerah pertanian yang subur, ada kopi Sidikalang yang enak dan juga kain tenun yang indah. Jika dikelola dengan baik, semua ini akan menjadi daya tarik pariwisata yang menjanjikan," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)