Sejumlah Langkah Atasi Ancaman Penurunan Muka Tanah di Indonesia

Kamis, 02 Juni 2022 - 01:08 WIB
loading...
Sejumlah Langkah Atasi Ancaman Penurunan Muka Tanah di Indonesia
Fenomena ancaman penurunan muka tanah di Indonesia, dinilai sebagai dampak dari perubahan iklim yang terjadi. Karenanya, hal ini patut menjadi perhatian. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Fenomena ancaman penurunan muka tana h di Indonesia, dinilai sebagai dampak dari perubahan iklim yang terjadi. Karenanya, hal ini patut menjadi perhatian agar, dampaknya bisa dinimimalisir.

Baca Juga: penurunan muka tanah


Wilayah pesisir jadi kawasan yang paling dekat merasakan imbasnya. Deru air laut lambat laun terus menggerus daratan, menenggelamkan permukiman demi permukiman.

Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rita Susilawati menjelaskan penurunan penurunan muka tanah dapat disebabkan dua faktor.

Pertama, faktor alam, seperti karakter atau sifat khas tanah tertentu misalnya tanah lempung yang berasal dari lingkungan rawa yang bersifat lunak. Di mana hal tersebut masih memungkinkan untuk terus memadat seiring waktu.

"Penurunan tanah akibat pemadatan alamiah dikenal sebagai konsolidasi atau kompaksi alamiah," kata Rita saat dihubungi MNC Portal, Selasa (31/5/2022).

Selanjutnya, kondisi tektonik yang berkaitan dengan dinamika aktivitas geologi secara regional yang menyebabkan tanah menjadi labil.

Kedua, faktor non alamiah akibat aktivitas manusia. Rita mencontohkan, seperti pengambilan air tanah yang berlebihan melebihi kemampuan daya suplai lapisan air dan pembebanan bangunan juga menyebabkan permukaan tanah.

"Maksudnya beban bangunan yang melebihi kapasitas daya dukung tanah pondasinya," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)