Wudhu dan Sholat, Jimat Jenderal Soedirman yang Melindunginya Dalam Setiap Pertempuran

Rabu, 01 Juni 2022 - 19:40 WIB
loading...
Wudhu dan Sholat, Jimat Jenderal Soedirman yang Melindunginya Dalam Setiap Pertempuran
Jenderal Soedirman, seorang panglima TNI pertama yang menjadi salah satu pahlawan nasional Indonesia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jenderal Soedirman, seorang panglima TNI pertama yang menjadi salah satu pahlawan nasional Indonesia. Selalu lolos dalam pertempuran, Jenderal Soedirman dikenal juga memiliki jimat .

Sosok pahlawan ini sangat disegani karena kemampuannya dalam memimpin dan mengatur strategi. Kisahnya pada 1948, Jenderal Soedirman dapat mengecoh tentara Belanda dan membuat namanya semakin dikenal.

Dilansir dari berbagai sumber, kisah itu terjadi tepatnya pada 19 Desember 1948. Dimana saat itu Belanda mendatangi Yogyakarta dengan bala tentaranya. Presiden Soekarno menyarankan Jenderal Soedirman supaya beristirahat karena sedang sakit, namun Jendral ini tidak mengindahkan anjuran Bung Karno tersebut.
Baca juga : Kisah Kapten Sanjoto, Kawal Jenderal Soedirman Wonogiri-Ponorogo

Jenderal Soedirman pun berhasil lolos dari serangan Belanda. Hal ini yang membuat orang bingung dan ingin mengetahui rahasia dari kehebatan Jenderal ini.

Jenderal Soedirman rupanya memiliki tiga jimat yang dikisahkan mampu melindungi dirinya di setiap pertempuran. Diantaranya yaitu, wudhu, sholat tepat waktu, serta mengabdi pada bangsa dan negara. Hal itu sempat diutarakan oleh Cucunya sendiri Ganang Priambodo Soedirman.

Di dalam pertempuran Jendral Soedirman memang dikenal sebagai muslim yang taat, tak jarang dirinya melakukan dzikir disetiap kali berperang. Misalnya saja ketika Belanda menemukan persembunyiannya di Kediri. Jenderal Soedirmanz dan pasukannya memilih untuk menggelar dzikir.
Baca juga :Pesan Menghujam Panglima Besar Jenderal Soedirman: Jadilah Tentara Rakyat

Jenderal Soedirman ternyata pernah di khianati oleh prajuritnya sendiri. Anehnya tentara Belanda tidak pernah mempercayai penghianat dari Indonesia yang membelot dari pasukan Jenderal Soedirman. Sebab Jendral ini selalu dikenal dapat meloloskan diri.

Berbagai peristiwa itulah yang membuat Jenderal Soedirman dianggap selalu bisa meloloskan diri lantara memiliki jimat yang dipercayainya itu. Cerita jimat ini memang cukup terkenal hingga saat ini, lnatarana banyak orang yang penasaran mengapa Jenderal Soedirman selalu lolos dan bertahan hidup dalam pertempurannya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)