Juara 1 Lomba Hafalan Al-Qur'an Tingkat Dunia, Rifda Farnidah Bagikan Kiat Khusus Menghafal

Rabu, 01 Juni 2022 - 18:21 WIB
loading...
Juara 1 Lomba Hafalan Al-Quran Tingkat Dunia, Rifda Farnidah Bagikan Kiat Khusus Menghafal
Juara satu lomba hafalan Al-Quran tingkat dunia, Rifda Farnidah, dalam tayangan Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Rabu (1/6/2022). Foto/Tangkapan Layar/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juara satu lomba hafalan Al-Qur'an tingkat dunia, Rifda Farnidah, mengulas kehidupannya yang telah hidup sepanjang hayatnya dengan kitab suci umat Islam tersebut. Rifda merupakan dosen pengajar di Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta.



Rifda mengungkapkan kiat-kiat menghafal Qur'an yang sesuai dengan petunjuk para ulama terdahulu. Menurutnya yang utama tersebut adalah niat sebagai yang utama.

"Yang pertama sebagai yang utama itu adalah niat, karena niat tersebut selain untuk menghafal Qur'an dan mengharap ridho Allah SWT," ujar Rifda dalam tayangan Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Rabu (1/6/2022).

Selanjutnya Rifda menjelaskan pentingnya mencari guru penghafal Al-Qur'an yang memiliki rujukan ilmu yang bersambung dengan Rasulullah, Muhammad SAW. Ia menyampaikan pentingnya memiliki guru karena tidak bisa menghafal Qur'an dengan sendiri.

"Menghafal Qur'an itu tidak bisa dilakukan sendiri, oleh karenanya diperlukan bimbingan seorang guru. Karena menghafal Qur'an itu membutuhkan ilmu tajwid (ilmu membaca Al-Qur'an)," jelas Rifda.

Kemudian Rifda menekankan, pentingnya ilmu tajwid ketika membaca Al-Qur'an karena menjadi hal yang wajib. Menurutnya, mengutip pernyataan Ibnu Jazari, membaca Al-Qur'an menggunakan ilmu tajwid itu wajib.

"Jadi jika membaca, terlebih menghafal Al-Qur'an yang tidak menggunakan ilmu tajwid itu berdosa," tambah Rifda.

Lalu Rifda mengungkapkan kiat yang paling penting dalam menghafal Al-Qur'an yakni memiliki adab ketika membaca Al-Qur'an. Hal ini disampaikan oleh saat dirinya sering menemukan orang yang kesulitan menghafal Qur'an karena tidak menaati adab-adabnya.

"Saya menemukan seseorang yang menghafal Al-Qur'an tetapi tidak menutup aurat, semisal tidak memakai jilbab. Saat itu mereka mengeluh (seraya berujar) kok hafalan saya susah banget nempelnya, mungkin itu karena tidak menaati adabnya. Bisa juga belum bersuci saat hendak membaca Al-Qur'an," tutupnya.

Diketahui, Rifda menyampaikan pengalamannya menghafal Al-Qur'an ditayangkan di Instagram Partai Perindo, RCTI+, Okezone, Sindonews.com, iNews.id, YouTube, Facebook, Twitter dan Website Partai Perindo. Podcast Aksi Nyata tersebut bertemakan Hebat! Dosen Ini Juara 1 Hafalan Alquran 30 Juz Tingkat Dunia yang ditayangkan secara daring.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3969 seconds (0.1#10.140)