Kapan Indonesia Transisi dari Pandemi Covid-19 ke Endemi? Ini Jawaban Menkes

Rabu, 01 Juni 2022 - 12:36 WIB
loading...
Kapan Indonesia Transisi dari Pandemi Covid-19 ke Endemi? Ini Jawaban Menkes
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada beberapa indikator yang harus dipenuhi agar Indonesia transisi dari pandemi Covid-19 ke endemi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah tak bisa mengambil keputusan sendiri terkait transisi pandemi ke endemi Covid 19 . Sebab, Covid 19 merupakan pandemi global, sehingga kebijakan itu harus berkoordinasi dengan organisasi kesehatan dunia atau WHO.

"Itu memang akan terjadi kalau sudah dikoordinasikan dengan WHO. Ini pandemi global, Indonesia tak bisa mengambil keputusan sendiri mengenai ini sudah menjadi endemi," ucap Menkes di Kantor Presiden, Jakarta Rabu (1/6/2022).

Budi menjelaskan, terdapat beberapa pertimbangan dalam memutuskan transisi pandemi menuju endemi. Salah satunya adalah kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Budi menyebut, pemerintah secara bertahap akan memindahkan tanggung jawab menjaga kesehatan ke masing-masing individu.



"Kalau itu sudah berhasil, masyarakat sudah paham, sudah teredukasi dengan baik, sudah memahami bagaimana protokol kesehatan seharusnya, sudah memiliki judgement kapan mesti melakukan apa, itu adalah ciri-ciri penyakit yang sudah menjadi endemi," tuturnya.

Selain itu, Budi juga mengusulkan tiga faktor transmisi komunitas yang harus dipenuhi sebelum memutuskan transisi pandemi menuju endemi. Menurut Budi, hal itu harus dipenuhi selama tiga bulan berturut-turut. "Ada aturan WHO transmisi komunitas yang tiga faktor. Berapa kasus per 100.000, berapa masuk rumah sakit per 100.000, berapa yang meninggal per 100.000, itu level 1, selama tiga bulan berturut-turut," jelasnya.



Budi mengusulkan, keputusan transisi dari pandemi menuju endemi dapat dilakukan apabila capaian vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 70% dan angka laju penularan sudah berada di bawah 1.

"Jadi kalau bisa sudah level 1, tiga bulan berturut-turut, reproduction rate-nya di bawah 1, tiga bulan berturut-turut, dan vaksinasinya di atas 70%, minimal 70% dosis kedua. Itu menjadi pertimbangan kami dari sektor kesehatan merasa cukup yakin bahwa sudah bisa dibuat keputusan transisi dari pandemi menjadi endemi," ungkapnya.

Budi menambahkan, transisi dari pandemi menuju endemi tidak hanya berdasarkan pertimbangan sektor kesehatan. Namun, faktor ekonomi, sosial, dan politik juga diperhatikan. "Tak hanya 100% pertimbangannya kesehatan, ada pertimbangan ekonominya, ada pertimbangan sosialnya, ada pertimbangan politiknya, sehingga kepala negara kalau itu levelnya negara atau kumpulan dari kepala-kepala negara kalau sifatnya global mengambil keputusan itu," ucapnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)