Didesak Tangkap Harun Masiku, KPK: Pencarian DPO Miliki Tantangan dan Kompleksitas

Rabu, 01 Juni 2022 - 11:02 WIB
loading...
Didesak Tangkap Harun Masiku, KPK: Pencarian DPO Miliki Tantangan dan Kompleksitas
Penyidik KPK terus mencari buronan kasus suap Harun Masiku. Foto/SIINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi desakan Masyarakat AntiKorupsi Indonesia (MAKI) terkait pencarian buronan Harun Masiku. KPK menyebut, mengejar tersangka yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) tidak bisa disamakan antara satu dengan lainnya.

"Setiap pencariannya tentu memiliki tantangan dan kompleksitas yang berbeda-beda," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri Rabu (1/6/2022).

Ali menepis anggapan KPK lamban dalam mencari DPO. Terbukti, selama ini KPK berhasil memburu beberapa buronan hingga menyisakan empat orang DPO.



"KPK juga sebelumnya telah beberapa kali berhasil menangkap para DPO. KPK mencatat setidaknya ada sisa sekitar 4 orang DPO yang masih menjadi kewajiban KPK untuk segera menangkapnya, yaitu Harun Masiku (2020); Surya Darmadi (2019); Izil Azhar (2018); dan Kirana Kotama (2017)," ucapnya.



Ali menambahkan, KPK tetap melakukan pencarian para DPO tersebut, baik yang telah ditetapkan sejak 2017 maupun yang terbaru 2020. Ali juga meminta peran aktif masyarakat dalam pencarian buronan yang dimaksud.

Ali meminta masyarakat yang mengetahui keberadaan orang-orang yang dimaksud untuk segera melaporkan ke KPK. "Setiap informasi yang kami terima terkait keberadaan para DPO, kami pastikan ditindaklanjuti," tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)