Nawawi: Kalau Ingin Dukung Kerja KPK, Lebih Baik Pasang Baliho DPO Harun Masiku

Senin, 30 Mei 2022 - 10:56 WIB
loading...
Nawawi: Kalau Ingin Dukung Kerja KPK, Lebih Baik Pasang Baliho DPO Harun Masiku
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango turut berkomentar soal beredarnya baliho atau spanduk dukungan pencalonan Presiden 2024 dengan gambar Ketua KPK Firli Bahuri. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango turut berkomentar soal beredarnya baliho atau spanduk dukungan pencalonan Presiden 2024 dengan gambar Ketua KPK Firli Bahuri . Baliho pencalonan Presiden yang menampilkan gambar Firli tersebut menjadi perbincangan hangat dalam beberapa hari kemarin.

Nawawi mengaku tidak mengetahui siapa pihak yang sengaja memasang baliho tersebut. Tapi, menurut Nawawi, baliho tersebut kurang pas jika dikatakan sebagai upaya untuk membantu kerja KPK dalam memberantas korupsi. Jika ingin membantu kerja lembaga antirasuah, katanya, lebih baik memasang baliho buronan KPK, salah satunya Harun Masiku.

"Hemat saya, kalau masyarakat berkeinginan mendukung kerja-kerja KPK, mungkin pemasangan spanduk ataupun baliho itu akan lebih pas kalau memuat gambar para DPO KPK, seperti Harun Masiku," ujar Nawawi melalui pesan singkatnya, Senin (30/5/2022).

Nawawi menjelaskan peran masyarakat dalam pemberantasan korupsi memang sangat dibutuhkan. Hal tersebut tegas tertuang dalam Pasal 1 butir 4 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Di mana, beleid itu mengatur tentang peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Ini bukan berarti KPK kekurangan anggaran untuk membuat stiker ataupun spanduk bergambar para DPO KPK," jelas Nawawi.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengaku tidak mengetahui dengan pasti siapa pihak yang memasang spanduk pencalonan presiden dengan gambar dirinya. Firli meminta kepada semua pihak untuk tidak diganggu dengan isu pencapresan. Dia pun mengklaim tidak akan terpengaruh dengan desakan isu pencapresan.

"Saya tidak terpengaruh isu capres dan cawapres. Saya selalu katakan dan sampaikan bahwa jangan ganggu saya dengan isu capres pencapresan. Saya fokus kerja untuk memberantas korupsi dan saya akan selesaikan tugas saya selaku Ketua KPK sampai tuntas akhir 2023," tegas Firli saat dikonfirmasi, Jumat 27 Mei 2022.

Firli berjanji bakal kukuh menjalankan tugasnya sebagai Ketua KPK dan tidak akan terpengaruh dengan isu pencapresan hingga 2023. Terpenting, bagi Firli, saat ini Indonesia bersih dari korupsi. Dia merasa bahwa dirinya hanya orang kampung dan sebenarnya terlahir untuk bekerja.

"Mari bersama KPK untuk berantas korupsi dan kita semua tentu menginginkan Indonesia bersih dan bebas dari korupsi," ungkapnya.

Sekadar informasi, beredar sejumlah baliho atau spanduk desakan dari masyarakat Banten kepada tokoh antikorupsi untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Di mana, dalam baliho tersebut terpampang juga foto Ketua KPK Firli Bahuri. Berdasarkan informasi yang dihimpun, spanduk tersebut tersebar di daerah Banten.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)