GAMKI Sebut IKN Nusantara Wujud Pembangunan Indonesia

Minggu, 29 Mei 2022 - 21:31 WIB
loading...
GAMKI Sebut IKN Nusantara Wujud Pembangunan Indonesia
Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik menyampaikan sambutan dalam Dies Natalis ke-60 GAMKI di Balikpapan, Minggu (29/5/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia ( GAMKI ) menilai ada perubahan mendasar dalam konsep dan implementasi pembangunan di Indonesia seiring lahirnya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, yang bernama Nusantara. Konsep pembangunan yang dicanangkan Presiden Jokowi kini berorientasi Indonesia Sentris.

"Era baru pembangunan di Indonesia telah dimulai. Semoga tak ada lagi berita tentang jalan berkubang lumpur di ujung negeri. Semoga juga tak ada lagi cerita tentang kehidupan yang penuh nestapa dari masyarakat Indonesia yang tak terjangkau pembangunan. Semoga GAMKI selalu terus membawa kebaikan bagi negara dan bangsa Indonesia, serta menjadi organisasi yang melihat realisasi keberadaan IKN itu sendiri," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI Willem Wandik dalam Dies Natalis ke-60 GAMKI di Balikpapan, dilansir, Minggu (29/5/2022).

Wandik menyampaikan bahwa delapan organisasi Pemuda Lintas Agama melaksanakan Apel Kebangsaan di Titik Nol IKN Nusantara sebagai bentuk kehadiran pemuda mengawal pembangunan yang tetap mengutamakan nilai-nilai kepribadian dan kemandirian bangsa.



"Bung Karno mengingatkan pentingnya bangsa yang berkarakter memiliki kepercayaan pada nilai-nilai kepribadian dan kemandirian bangsa sendiri. Identitas dan karakter bangsa Indonesia itu tidak boleh hilang pada zaman apapun dan organisasi pemuda, secara khusus GAMKI berkewajiban untuk terus memeliharanya," kata anggota Komisi V DPR ini.

Perayaan Dies Natalis ke-60 GAMKI juga disertai peluncuran Pusat Studi Keadilan dan Perdamaian yang dijelaskan oleh Ketua Bidang Keadilan dan Perdamaian DPP GAMKI Ronald Rischard Tapilatu. Selain itu, juga diumumkan pemenang 'Sayembara Bantuan Sekretariat DPD GAMKI' yang diberikan kepada DPD GAMKI Kalimantan Timur.

Hadir secara daring Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, sementara Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor hadir langsung ke lokasi acara. Acara ini juga dihadiri Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Kapolres Balikpapan Kombes Thirdy Hadmiarso, Ketua Umum KNPI Muhammad Ryano Satrya Panjaitan, Ketua Umum GMKI Jefri Gultom, Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto, Ketua Umum Generasi Muda Konghucu Kristan.

Baca juga: Delapan OKP Lintas Agama Tegaskan Dukung Penuh Pemindahan IKN

Kemudian, Ketua Umum Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia I Gede Ariawan, Perwakilan Pengurus Pusat Generasi Muda Buddhis Indonesia Anes Dwi Prasetya, Ketua Umum Gema Mathlaul Anwar Ahmad Nawawi, Sekretaris GP Ansor Kaltim Herman Hasan, dan Sekretaris Pemuda Katolik Kaltim Marianna Tukan.

Perayaan Dies Natalis ke-60 GAMKI ditutup dengan ibadah syukur yang dilayani Pendeta Zeth Yunus Laritmas.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)