Lewat Program JPS, Jokowi Ciptakan Sinergi Demi Tingkatkan Kesejahteraan

Jum'at, 27 Mei 2022 - 21:29 WIB
loading...
Lewat Program JPS, Jokowi Ciptakan Sinergi Demi Tingkatkan Kesejahteraan
Subkor Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Bappeda Provinsi Bengkulu Jon Hendri Nurdan menyampaikan bahwa Jokowi begitu berkomitmen untuk menuntaskan persoalan kemiskinan. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Realisasi Jaringan Pengaman Sosial ( JPS ) program Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dinilai mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sinergi pemerintah pusat dan daerah membuat pelaksanaan JPS lancar berjalan.

Subkor Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Bappeda Provinsi Bengkulu Jon Hendri Nurdan menyampaikan bahwa Jokowi begitu berkomitmen untuk menuntaskan persoalan kemiskinan. Terbukti angka kemiskinan di era pemerintahan Jokowi terus menurun.

Dia menilai salah satu penyebab menurunnya angka kemiskinan dikarenakan Program JPS yang digencarkan Jokowi. Khususnya, lanjut dia, pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.





“Terkait dengan Program JPS era Pemerintah Jokowi sudah banyak program yang dilakukan untuk intervensi dalam penanganan kemiskinan,” kata Jon Hendri di Bengkulu, Jumat (27/5/2022).

Dia menuturkan hingga saat ini pemerintah daerah (pemda) dengan pusat terus menjalin komunikasi intens. Dengan satu tujuan yakni untuk penyaluran program bantuan sosial yang tepat sasaran. “Saat ini pemda bersama pusat itu sudah melakukan integrasi,” tuturnya.

Misalnya saja, tambah dia, dengan kehadiran Program JPS khususnya dalam bidang kesehatan. Langkah konkret yang terealisasi melalui Program Penerima Bantuan Iuran (PBI) serta juga pemberian bantuan sosial tunai maupun nontunai.

“Itu juga sudah dilakukan oleh pemda bersama pusat dalam bentuk satu data bernama aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) dengan nomenklatur SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial - Next Generation),” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)