Pengamat: KIB Bisa Jadi Koalisi Penyelamat Ganjar Pranowo

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:41 WIB
loading...
Pengamat: KIB Bisa Jadi Koalisi Penyelamat Ganjar Pranowo
Pengamat Politik Hendri Satrio menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa menjadi koalisi penyelamat Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Foto/MPI/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu ( KIB ) dinilai bisa menjadi koalisi penyelamat Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 . KIB terdiri dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Nah kenapa saya prediksi ini koalisi penyelamat Ganjar? Karena desas desusnya, gosip-gosipnya ini kan Ganjar adalah diidolakan beberapa kalangan dan memang belum punya kendaraan," kata Pengamat Politik Hendri Satrio dalam diskusi yang digelar di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (24/5/2022).

Pria yang akrab disapa Hensat itu mengatakan hanya PPP yang tertarik dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun, dia tak yakin partai berlambang Kakbah itu bisa merealisasikan ketertarikannya.

Baca juga: KIB Lirik Tokoh-tokoh yang Moncer Elektabilitasnya di Sejumlah Survei



"PPP kan dari 3 anggota koalisi ini, mohon maaf kan paling kecil ya. Jadi menurut saya bukan Anies ini," imbuhnya.



Selain itu, pernyataan Presiden Jokowi dalam acara Projo yang diduga ditujukan untuk Ganjar justru memperkuat sinyal KIB. Apalagi, KIB merupakan parpol koalisi pendukung pemerintah saat ini.

"Masa sih bukan Ganjar? Terus kemarin Pak Jokowi ada di Projo yang bilang mungkin ada di sini tuh koalisinya mau pakai koalisi yang mana gitu kan? Kan ceritanya nyambung-nyambung tuh," kata pendiri Lembaga Survei KedaiKopi ini.

Menurutnya, kecil kemungkinan KIB mengusung ketua umum parpol masing-masing lantaran elektabilitasnya belum ada yang dominan. Sehingga, KIB diyakini akan mencari figur yang memiliki elektabilitas tinggi.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1704 seconds (11.97#12.26)