Pengamat Ungkap Sejumlah Kedekatan Erick Thohir dengan NU

Selasa, 24 Mei 2022 - 10:51 WIB
loading...
Pengamat Ungkap Sejumlah Kedekatan Erick Thohir dengan NU
Erick Thohir dinilai memiliki kedekatan dengan NU. Bukan hanya karena Menteri BUMN itu menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Erick Thohir dinilai memiliki kedekatan dengan Nahdlatul Ulama (NU). Bukan hanya karena Menteri BUMN itu menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), tetapi karena sejumlah program yang dekat dengan pondok pesantren dan santri.



"Erick Thohir dan NU sekarang sangat dekat sekali. Misalkan Erick dalam kegiatan Harlah," kata Anang, Selasa (24/5/2022).

Sejumlah program di Kementerian BUMN juga banyak ditujukan bagi pondok pesantren dan santri. Mengingat Erick Thohir sendiri merupakan Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Belum lagi sumbangan diberikan ke pondok pesantren.

"Itu menunjukkan upaya mendekat atau sudah dekatnya Erick Thohir. Yang pasti ada beberapa poin Erick Thohir secara agresif mencoba untuk merangkul NU, menjadikan NU sebagai lembaga kesayangan," terangnya.

Anang mengungkapkan, upaya Erick Thohir ini bisa menjadi motor penggerak dalam Pilpres 2024. Dengan mendapatkan dukungan dari NU, maka langkah mantan Bos Inter Milan tersebut bisa memiliki nilai tawar lebih.

"Kedekatan dengan Banser dan NU, saya menangkap ini upaya Erick Thohir kemudian mengumpulkan semacam instrumen untuk mendapatkan legitimasi di 2024. Semacam kapital sosial untuk dapat bisa masuk mencalonkan di 2024," tutupnya.

Sebelumnya sinyal dukungan dari kalangan NU kepada Erick Thohir pernah juga tersirat oleh Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Kata Yaqut, Ansor harusnya bangga memiliki kader seperti Erick.

Adapun sinyal dukungan itu disampaikan secara tersirat oleh Yaqut dalam acara di Tasyakuran Harlah ke-88 GP Ansor pada Minggu (24/4/2022). Diketahui, sejak November tahun lalu, Erick resmi menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Erick berhasil mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar). "Hari ini sahabat sekalian, kita bangga salah satu kader terbaik kita, sekaligus menteri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, sahabat Erick Thohir sedang meniti perjuangan menuju puncak pengabdiannya. Artinya apa silakan dimaknai sendiri," ujar Yaqut.

Di kesempatan itu, Yaqut melontarkan pujian kepada Erick yang mengangkat eks Ketua Umum PBNU KH Aqil Siradj sebagai Komisaris Utama PT KAI. Sebab, GP Ansor sendiri memiliki filosofi kereta api.

"Jadi saya kira, Pak Erick sudah benar menunjuk dulu Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj jadi Komisaris PT KAI Indonesia. Itu menjadi inspirasi kami, terima kasih," katanya.

"Kereta api itu bagaimana, berangkat tepat waktu, siapa yang mengadang pasti akan ditabrak dan hanya berhenti ketika sampai tujuan. Tujuan kita tetap sama tidak pernah berubah, menjaga para kiai, para ulama dan NKRI," lanjutnya.

Dia menuturkan, sudah menjadi kewajiban dari GP Ansor untuk mendukung seorang kader menjadi salah satu pemimpin di negerinya. Yaqut pun mengaku akan memimpin barisan dan memberikan komando terkait wacana tersebut.

"Perantaranya macam-macam salah satunya adalah bagaimana kita mampu mendudukkan kader terbaik kita menjadi pemimpin negeri yang kita cintai ini. Kita semua berkewajiban dan saya siap memberikan komando sampai tujuan," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)