3 Pesepeda Indonesia Tujuan Mekkah Singgah di KBRI Bangkok

Jum'at, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB
loading...
3 Pesepeda Indonesia Tujuan Mekkah Singgah di KBRI Bangkok
Tiga pesepeda asal Indonesia yang akan menuju Mekkah, Arab Saudi singgah di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand, Jumat (20/5/2022). FOTO/IST/KBRI BANGKOK
A A A
JAKARTA - Tiga pesepeda asal Indonesia yang akan menuju Mekkah, Arab Saudi singgah di Kedutaan Besar Republik Indonesia ( KBRI) di Bangkok , Thailand, Jumat (20/5/2022) pukul 10.00 waktu setempat. Mereka diterima di pintu gerbang KBRI Bangkok oleh Dubes RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman bersama sejumlah pejabat KBRI Bangkok dan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Ketiga pesepeda asal Indonesia itu adalah Andi Harvin (27), Chairul Ma'atini (27), dan Muhammad Fauzan (28). Andi Harvin bersama Chairul telah meninggalkan kampung halamannya di Gorontalo sejak Juni 2021, sementara Fauzan dari Magelang baru bergabung sejak November 2021. Ketiganya telah melintasi Malaysia sejak 27 April 2022 dan satu bulan sebelumnya berada di Singapura.

Menurut Andi Harvin, mereka memasuki wilayah Thailand dari jalur selatan. Jarak tempuh harian mereka bersepeda rata-rata 50 km. "Kecuali pada malam menjelang ketibaan di Bangkok jarak yang ditempuh adalah 190 km/hari," kata Andi Harvin dikutip dari keterangan tertulis KBRI Bangkok, Jumat (20/5/2022).



Dalam dialog dengan Dubes Rachmat, ketiganya berharap dapat tiba di Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Sebelum dan selama perjalanan, mereka selalu berkomunikasi dengan komunitas sepeda di negara setempat juga koordinasi dengan rekan-rekan di Tanah Air mengenai rute perjalanan dan pengurusan dokumen perjalanan.

Dalam hal ini, Dubes Rachmat menekankan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental serta persiapan perjalanan yang baik, termasuk penguasaan medan tempuh agar perjalanan dapat berjalan baik. "Pastikan kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan agar perjalanan lintas negara berjalan dengan lancar," katanya.

Tim pesepeda ini berencana berada di Bangkok selama 1 minggu sebelum melanjutkan perjalanan menuju Myanmar dan India. Selama berada di Bangkok, tim akan melakukan berbagai kegiatan dengan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Baca juga: Nama Ibu Kota Thailand Berganti Jadi Krung Thep Maha Nakhon, Bangkok Tetap Diakui
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)