Akhiri Konflik Politik Identitas, KIB Efektif Gaet Pemilih Pemula

Rabu, 18 Mei 2022 - 18:27 WIB
loading...
Akhiri Konflik Politik Identitas, KIB Efektif Gaet Pemilih Pemula
KIB telah dibentuk oleh tiga parpol. Tiga parpol itu yakni Partai Golkar, PAN, dan PPP. Koalisi ini sepakat ingin mengakhiri polarisasi yang selama ini terjadi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) telah dibentuk oleh tiga partai politik (parpol). Tiga parpol itu yakni Partai Golkar, PAN, dan PPP. Koalisi ini sepakat ingin mengakhiri polarisasi yang selama ini terjadi.





"Slogan itu akan efektif apabila berhasil merekrut partai berbasis nasionalis maupun religius secara seimbang," kata Wasis, Rabu (18/5/2022).

Wasis mengungkapkan, jargon KIB tentang mengakhiri polarisasi bisa sangat efektif kepada kelompok pemilih pemula. "Saya pikir untuk segmen tertentu misalnya kelompok pemilih mengambang maupun pemilih pemula, itu masih efektif," ucapnya.

Namun dengan catatan kata Wasis, KIB perlu menambah kekuatan politik berbasis nasionalis-religius. Guna meredam polarisasi di masyarakat.

"Ada baiknya partai-partai yang direkrut adalah yang kuat secara basis massa baik nasionalis maupun religius," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily meyakini, dalam KIB akan mengusung Airlangga Hartarto menjadi calon presiden (capres) di 2024.

"Ya Golkar sebagai partai terbesar di koalisi itu, itu penting," kata Ace Hasandi Gedung Nusantara II DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Kendati demikian, dia menegaskan, saat ini KIB belum membahas siapa yang bakal diusung menjadi capres 2024. Menurutnya, hal itu masih jauh dalam pembahasan koalisi.

"Kita masih membahas tentang politik gagasannya, platform apa, visi apa, serta bagaimana strategi pemenangan yang akan sama-sama diusung oleh masing-masing partai politik," ujarnya.

Meskipun banyak pihak yang masih mempertanyakan soal soliditas KIB, Ace meyakini ketiga parpol tersebut bisa bersama-sama hingga waktu pendaftaran capres 2024 dimulai.

"Ya kita sangat yakin, karena bagaimanapun membangun bangsa ini kan enggak bisa sendiri, dan karena itu kita harus yakin bahwa koalisi ini akan bisa bertahan hingga 2024," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)