Termasuk Adian Napitupulu dan Fahri Hamzah, Ini Aktivis yang Menjadi Wakil Rakyat

Rabu, 18 Mei 2022 - 10:49 WIB
loading...
Termasuk Adian Napitupulu dan Fahri Hamzah, Ini Aktivis yang Menjadi Wakil Rakyat
Adian Napitupulu dan Fahri Hamzah. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah aktivis seperti Adian Napitupulu dan Fahri Hamzah tercatat menjadi wakil rakyat di DPR RI. Beda dengan Adian yang masih menjadi wakil rakyat di Senayan, Fahri kini menjadi petinggi Partai Gelora.

Bukan cuma Adian dan Fahri yang mencatatnya namanya menjadi anggota DPRRI. Para aktivis lain yang tersebut tersebar ke banyak partai juga berhasil ke Senayan menjadi wakil rakyat.

Kala menjadi aktivis, mereka menyuarakan aspirasi rakyat melalui parlemen jalanan. Setelah menjadi wakil rakyat, para aktivis ini harus menyuarakan aspirasi rakyat melalui sidang-sidang di DPR.

Berikut ini SINDOnews tampilkan profil singkat aktivis yang menjadi wakil rakyat di DPR RI.

1. Adian Yunus Yusak Napitupulu
Adian Yunus Yusak Napitupulu atau lebih dikenal dengan Adian Napitupulu merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Perjuangan. Adian mewakili Daerah Pemilihan Jawa Barat V Periode 2014-2019.

Sebelum menjadi politisi, ia dikenal sebagai aktivis politik dan pergerakan mahasiswa.Pria kelahiran Manado, 9 Januari 1971 ini menyelesaikan S1 dari jurusan Ilmu Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Pada 1992, ia mendaftarkan diri sebagai anggota Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). Kemudian pada 1994, Adian menjadi Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UKI. Dia menjadi pendiri Forum Kota (Forkot) pada 1998.

Beberapa pergerakan pernah diikutinya, mulai dari Kelompok Diskusi Prodeo hingga Konsolidasi Demokrasi Indonesia (KDI).
Hingga kini, Adian masih menjadi anggota DPR RI.



2. Masinton Pasaribu
Masinton Pasaribu merupakan seorang politikus asal PDIP Perjuangan. Ia bukan orang baru di DPR. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai anggota dewan periode 2014-2019. Kemudian Masinton terpilih lagi menjadi anggota dewan periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta II.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)