Ustaz Abdul Somad Dikurung Singapura, Ini Kata Kemenlu

Selasa, 17 Mei 2022 - 14:58 WIB
loading...
Ustaz Abdul Somad Dikurung Singapura, Ini Kata Kemenlu
Ustaz Abdul Somad (UAS). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri ( Kemenlu ) tidak mengetahui alasan dan maksud Singapura menolak kunjungan Ustaz Abdul Somad ( UAS ). Kemenlu menyampaikan bahwa penolakan UAS itu merupakan kebijakan Imigrasi Singapura.

"Saya tegaskan adanya penolakan UAS oleh Singapura itu murni datangnya dari pemerintah di sana," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah dihubungi MNC portal, Selasa (17/5/2022).

Faizasyah pun mengimbau untuk menanyakan langsung ke pihak Singapura guna mendapatkan gambaran yang jelas terkait peristiwa yang dialami UAS tersebut. "Sebaiknya ditanyakan ke pihak Singapura melalui perwakilannya di Jakarta," kata Faizasyah.





Diketahui, UAS ditolak mengunjungi Singapura melalui perjalanan kapal Ferry dari Batam pada Senin (16/5/2022) siang. UAS tiba di Pelabuhan Tanah Merah sekitar pukul 13.30 WIB, yang kemudian ditolak oleh imigrasi Singapura.

Perihal ditolaknya UAS ini ramai diperbincangkan oleh netizen Indonesia di sejumlah forum. UAS sampai detik ini mengaku tidak memahami alasan dirinya beserta keluarga ditolak kedatangannya ke negeri Singa tersebut.

"Saya ke Singapura dalam rangka liburan saja. Tetapi saya juga tidak paham kenapa saya dideportasi, pegawai imigrasi (Singapura) juga tidak bisa menjelaskan. Jadi yang bisa menjelaskan mungkin Dubes Singapura di Jakarta," kata UAS menyampaikan melalui kanal YouTube Hai Guys Official.

Di sisi lain, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Singapura Suryopratomo telah mendapat informasi soal penahanan UAS oleh pihak Imigrasi Singapura. Berdasarkan informasi yang diterima Suryopratomo dari Immigration and Checkpoints Authority (ICA) atau otoritas Keimigrasian Singapura, UAS tidak memenuhi kriteria atau persyaratan warga asing yang diizinkan masuk ke Singapura.

Suryopratomo menjelaskan bahwa UAS bukan dideportasi lantaran belum masuk ke Singapura. "Informasi yang saya dapatkan dari ICA, UAS tidak diizinkan untuk masuk Singapura karena tidak memenuhi kriteria warga asing berkunjung ke Singapura. Jadi tidak dideportasi karena beliau belum masuk Singapura," kata Suryopratomo.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)