58,1% Warga Puas terhadap Kinerja Jokowi, Ini Alasannya

Minggu, 15 Mei 2022 - 18:36 WIB
loading...
58,1% Warga Puas terhadap Kinerja Jokowi, Ini Alasannya
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan sebanyak 58,1% responden merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan sebanyak 58,1% responden merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) . Alasannya Jokowi dianggap sukses membangun infrastruktur dan berkinerja baik.

Hal tersebut disampaikan Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia dengan tema 'Drama Minyak Goreng dan Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Presiden' yang dipublikasikan, Minggu (15/5/2022). Menurutnya, dalam survei, responden diberikan pertanyaan "Secara umum, apakah sejauh ini Ibu/Bapak sangat puas, cukup puas, kurang puas, atau tidak puas sama sekali dengan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi)?".

Dari pertanyaan itu, 58,1% responden menjawab sudah puas dengan kerja Presiden Jokowi, 35,2% responden belum puas, dan 6,7% menjawab tidak tahu atau tidak jawab. "Yang paling tinggi alasan responden puas adalah karena 27,7% Pak Jokowi dianggap sukses membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, bendungan dll," ujar Burhanuddin Muhtadi.



Sementara itu, sebanyak 20,1% responden menjawab kinerja Jokowi sudah bagus. Kemudian 12,7% responden beralasan karena memberikan bantuan pada rakyat kecil; 8,2% menganggap orangnya baik; 7,9% menilai sukses menangani pandemi Covid-19; dan 4,7% karena orangnya merakyat.

Alasan lain mendukung Presiden Jokowi dengan suara di bawah 3% masing-masing karena mampu mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok, penanganan mudik lebaran, mengurangi kemiskinan, tidak ingin berprasangka buruk terlebih kepada pemimpin.

Selanjutnya responden beranggapan harus menghormati apapun hasil kerja pemimpin, memperbaiki kualitas pendidikan, lapangan kerja/mengurangi pengangguran, penanganan mafia minyak goreng, pemberantasan korupsi, pemerataan pendapatan, meningkatkan kewibawaan pemerintah, menjaga stabilitas politik dan keamanan, perlindungan terhadap kelompok minoritas.

Baca juga: Inflasi dan Harga Kebutuhan Pokok Bikin Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Menurun

Sedangkan yang menjawab alasan lainnya sebesar 2,3% dan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab 2,9%.

Untuk diketahui, survei Indikator Politik Indonesia dengan tema Minyak Goreng dan Kepuasan Publik terhadap Kinerja Presiden dilaksanakan pada 5-10 Mei 2022 melalui survei polling telepon random sampling dengan jumlah 1.228 responden. Margin of error survei telepon ini 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2304 seconds (11.252#12.26)