Kunjungi Masjid Satu-satunya di Hanoi, Menko PMK Silaturahmi dengan Komunitas Muslim Vietnam

Minggu, 15 Mei 2022 - 14:06 WIB
loading...
Kunjungi Masjid Satu-satunya di Hanoi, Menko PMK Silaturahmi dengan Komunitas Muslim Vietnam
Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi Masjid An-Noor, masjid satu-satunya yang ada di Hanoi, Ibu Kota Vietnam. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi Masjid An-Noor, masjid satu-satunya yang ada di Hanoi, Ibu Kota Vietnam. Dalam kunjungannya, Muhadjir disambut oleh Ustaz Nasir, pimpinan takmir masjid.

"Kunjungan ini untuk menyambung silaturahmi dengan komunitas muslim di sini," kata Muhadjir dikutip dari keterangan resminya, Minggu (15/5/2022).

Saat tiba, ustaz Nasir saat itu tengah mengajar cara membaca huruf hijaiyah kepada tiga santri kecil dengan papan tulis di ruangan masjid. Melihat kedatangan Muhadjir yang mengucapkan salam, Ustaz Nasir langsung berdiri dan mempersilakan tamunya masuk ke masjid.



Begitu memperkenalkan diri dari Indonesia, Ustaz Nasir menjawab dengan mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Ternyata Ustaz Nasir bisa berbahasa Melayu, karena lulusan perguruan Islam di Malaysia.

Ustaz yang murah senyum itu berasal dari Suku Champa, wilayah Vietnam bagian selatan yang dikenal banyak penganut Islam. Jumlah muslim di Vietnam sekitar 1% dari 100 juta penduduk Vietnam.

Ustaz Nasir menyambut dengan mengisahkan sekilas tentang kehidupan komunitas An-Noor itu. Masjid An-Noor didirikan sudah lebih dari seabad yang lalu, yakni 1890 dan tetap aktif hingga kini. Termasuk untuk mengajar mengaji kepada anak-anak seperti saat kedatangan Muhadjir itu. Salah satu dari tiga anak yang belajar di sana adalah putra Indra, pilot asal Indonesia yang bekerja di maskapai Vietnam. Indra dan istrinya yang sedang mengantarkan anaknya ikut bertemu Muhadjir.

Seperti di masjid lain, Masjid An-Noor ramai dipadati jamaah dari sekitar Hanoi saat salat Jumat dan salat hari raya. Masjid yang berkapasitas 300 jamaah itu sendiri terletak di tengah pusat perdagangan yang sibuk di Hanoi. Di antara jamaah itu adalah WNI. WNI yang saat ini di Vietnam berjumlah sekitar 600 orang.

Baca juga: Kunjungi Hamzah Haz, Menko Muhadjir: Beliau Humble dan Humoris

Dalam perbincangan, Muhadjir menawarkan kemungkinan pemberian beasiswa bagi pemuda-pemudi muslim yang ingin belajar Islam di Indonesia. Muhadjir menyebut banyak perguruan tinggi Islam yang bisa menjadi tempat menimba ilmu keislaman.

Atas tawaran ini, Ustaz Nasir menyambut dengan senyum gembira. "Alhamdulillah, terima kasih atas tawarannya," kata Nasir. Dia akan membicarakannya dengan pimpinan muslim lainnya.

Selepas kunjungan di Masjid An-Noor, Muhadjir bertolak ke Bandara Internasional Noi Bai Hanoi untuk kembali ke Indonesia. Muhadjir melakukan kunjungan 12-14 Mei ke Vietnam bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadimuljono untuk memenuhi undangan pembukaan SEA Games 2021. Dalam pertandingan, Muhadjir turut memberikan dukungan langsung kepada tim dayung Indonesia. Mengalungkan medali saat tim dayung Indonesia meraih emas. Tim dayung Indonesia sudah meraih 8 emas dan 5 perak.

Di cabang olahraga lain, Muhadjir ikut menyaksikan dan memberikan dukungan bagi tim sepak bola Indonesia saat mengalahkan Filipina 4-0.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)