Ingin Indonesia Kuat, Panglima TNI Instruksikan Dankormar Lakukan Hal Ini

Minggu, 15 Mei 2022 - 11:18 WIB
loading...
Ingin Indonesia Kuat, Panglima TNI Instruksikan Dankormar Lakukan Hal Ini
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meminta Dankormar Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meminta Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto menjalin kerja sama militer dengan negara-negara lain melalui latihan bersama.

Tujuannya, untuk memperbanyak teman. Dengan begitu, kata Andika, Indonesia akan semakin kuat dan disegani di kawasan. “Bagaimana caranya supaya kita tetap kuat, caranya banyak teman. Hari inipun kita kuat, karena apa, karena hari ini kita banyak teman. Itulah yang saya lakukan,” kata Andika dalam akun YouTube Panglima TNI dikutip SINDOnews, Minggu (15/5/2022).

Dalam pertemuan tersebut, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini mengaku akan mengekspose latihan-latihan bersama prajurit TNI dengan negara-negara lain. Sebab dirinya ingin prajurit TNI terbuka wawasannya melalui latihan bersama. “Bukan soal latihannya, tapi interaksi itulah yang membuka kita,” ucapnya.

Baca juga: Sandang Baret Ungu, Ratusan Bintara Resmi Jadi Prajurit Pasukan Elite Korps Marinir

Tidak hanya itu, Andika juga meminta agar olahraga menjadi sebuah kebutuhan bagi prajurit Korps Marinir. Menurut Andika, hal itu sudah dilakukan saat dirinya memimpin Angkatan Darat.

“Saya titip jajaran Mas Widodo harus bisa jaga diri karena kita di era yang berbeda. Saya Angkatan Darat sudah mulai, Olahraga adalah kebutuhan, enggak ada jadwal olahraga. Apalagi seminggu dua kali, lakukan saja setiap hari, siang, sore, malam yang penting itu harus jadi bagian dari kebutuhan. Kalau itu sudah tertanam Mas, powerfull,” katanya.

Baca juga: Letkol Laut (K) Heri Herliana Dikukuhkan sebagai Wadan Rumkital Marinir Cilandak

”Di mana pun prajurit berada dan apa pun yang dilakukannya mau operasi, dia pasti sempat jaga diri. Apalagi Marinir pasukan khusus, bukan kita harus lebih kuat bukan. Bagi saya kita harus lebih sehat,” ucapnya.

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto mengapresiasi arahan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Widodo mengakui pentingnya menjalin hubungan kerja sama dengan negara-negara di dunia.

“Berkawan itu kalau di tentara wujudnya latihan kerja sama. Latihan Garuda Shield ini mempunya nilai strategis di kawasan. Tentu kita dengan Amerika dan Australia punya kepentingan yang sama di kawasan ini. Wujudnya Garuda Shield itu. Berkawan yang dibangun oleh beliau itu nantinya ujungnya adalah untuk kedaulatan negara. Indonesia negara biasa berkawan dengan negara-negara besar maka mereka akan menghormati kita. Menghormatinya itu bukan cuma menghormati TNI saja tapi negara kita yang dihormati,” ucapnya.

(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1597 seconds (11.252#12.26)