3 Jenderal Bertarung di Pilpres, Pemenangnya Usung Slogan Bersama Kita Bisa!

Minggu, 15 Mei 2022 - 06:21 WIB
loading...
3 Jenderal Bertarung di Pilpres, Pemenangnya Usung Slogan Bersama Kita Bisa!
Wiranto, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Agum Gumelar. 3 jenderal ini bertarung di pilpres, pemenangnya usung Slogan Bersama Kita Bisa!. Foto/Dok SINDOnews dan Okezone
A A A
JAKARTA - 3 jenderal TNI bertarung di Pilpres 2004. Pada pemilihan presiden (pilpres) yang pertama kali digelar secara langsung tersebut, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menggandeng M Jusuf Kalla, menjadi pemenang.

Pilpres 2004 merupakan pilpres pertama yang digelar secara langsung alias dipilih rakyat. Sebelumnya, pemilihan presiden dan wakil presiden dilakukan oleh MPR RI.

Pada Pilpres 2004, ada lima pasangan yang bertarung. Mereka adalah Wiranto-Salahuddin Wahid, Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi, Amien Rais -Siswono Yudo Husodo, Susilo Bambang Yudhoyono-M Jusuf Kalla, dan Hamzah Haz-Agum Gumelar.

Kali ini SINDOnews tampilkan profil singkat tiga jenderal yang bertarung pada Pilpres 2004 dan pencapaiannya dalam pesta demokrasi tersebut.

1. Wiranto
Jenderal TNI (Purn) Wiranto lahir di Yogyakarta, 4 April 1947. Mantan Panglima ABRI ini maju Pilpres 2004 setelah menang dalam Konvensi Capres Partai Golkar.

Golkar kemudian menduetkan Menhankam Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan tersebut dengan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Salahuddin Wahid, yang akrab disapa Gus Sholah. Pasangan ini mendapatkan nomor urut 1.



Pasangan yang mengusung slogan 'Tenang, Aman, dan Sejahtera Bangsaku' ini meraih 22,15 persen suara, setara dengan 26.286.788 suara. Berada di urutan ketiga setelah SBY-JK dan Megawati-Hasyim Muzadi pada putaran pertama pilpres, duet ini gagal melangkah ke putaran kedua.

2. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lahir di Pacitan, Jawa Timur, 9 September 1949. Mantan Menko Polkam ini maju ke Pilpres 2004 diusung oleh Partai Demokrat, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, dan Partai Bulan Bintang.

SBY yang mendapat gelar Jenderal Kehormatan pada 25 September 2000, berduet dengan M Jusuf Kalla , tokoh Golkar yang juga rekan sesama menteri di Kabinet Gotong Royong ( Megawati Soekarnoputri -Hamzah Haz). Pasangan ini mendapat nomor urut 4.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)