Paulus Waterpauw Jadi Pj Gubernur Papua Barat, Mendagri: Dia Punya Track Record di Sana

Kamis, 12 Mei 2022 - 12:17 WIB
loading...
Paulus Waterpauw Jadi Pj Gubernur Papua Barat, Mendagri: Dia Punya Track Record di Sana
Komjen Polisi (Purn) Paulus Waterpauw dilantik menjadi Pj Gubernur Papua Barat menggantikan Dominggus Mandacan yang habis masa jabatannya. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tito Karnavian telah resmi melantik 5 Penjabat (Pj) Kepala Daerah, salah satunya Provinsi Papua Barat. Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan habis masa jabatannya dan digantikan Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Paulus Waterpauw .

Paulus Waterpauw sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelolaan Pertabatasan (BNPP) Kemendagri. Tito menjelaskan, pemilihan Paulus telah sesuai usulan dari Majelis Masyarakat Papua dan lembaga masyarakat lainnya.

"Paulus Waterpauw ini kan usulan dari Majelis Rakyat Papua, juga usulan dari beberapa lembaga-lembaga yang ada di sana," ujar Tito kepada wartawan di Gedung Kemendagri, Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Sah, Penjabat Sementara Gubernur Banten hingga Papua Barat Dilantik

Mendagri yakin dengan kapabilitas yang dimiliki oleh Paulus Waterpauw, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan, khususnya terkait penolakan otonomi khusus jilid 2 dan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

"Kita juga tahu dia memiliki track record di sana. Dia pernah menjadi Kapolda Papua, pernah jadi Kapolda Papua Barat sendiri dan yang penting beliau putra Papua, orang asli Papua," kata Tito.

"Dengan segala pengalamannya, kemampuan akademik, jam terbang, kita harap bisa jaga stabilitas politik dan pertahanan di Papua," katanya.

Baca juga: Mendagri: Penunjukan 5 Penjabat Gubernur Berlangsung Demokratis
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7042 seconds (0.1#10.140)